Waspada 3 Serangan Hama Jagung Manis Mematikan

Waspada 3 Serangan Hama Jagung Manis Mematikan – Tanaman jagung manis merupakan suatu jenis tanaman yang rentan akan serangan hama dan juga penyakit. Untuk itu sebelum hama dan penyakit menyerang tanaman jagung manis ini ada baiknya jika kita mewaspadainya.

Karena melakukan pengendalian hama penyakit pada tanaman jagung manis ini sangat penting sekali untuk pertumbuhan tanaman jagung manis tersebut.

Advertisement

Biasanya faktor penghambat pertumbuhan tanaman jagung manis ini yang paling kuat ialah serangan hama.

Serangan hama ini jika di biarkan terus menerus tanpa adanya pembasmian, maka hama tersebut akan dapat merusak tanaman jagung manis, bahkan perlahan dapat membuat tanaman jagung manis menjadi mati.Waspada 3 Serangan Hama Jagung Manis Mematikan

Waspada 3 Serangan Hama Jagung Manis Mematikan

Hama yang menyerang tanaman jagung manis ini pada umumnya bermacam-macam, mulai dari hama pengganggu atau perusak hingga hama yang dapat menyebabkan tanaman jagung manis menjadi mati.

Biasanya hama banyak menyerang pada bagian bibit tanaman, bonggolan jagung, daun, dan juga pada akar tanaman.Simak juga Prospek Bisnis Budidaya Pepaya California Rumahan

Berikut ini merupakan beberapa jenis hama yang sering menyerang tanaman jagung manis, jika anda ingin mengetahuinya lebih lanjut anda bisa langsung melihatnya di bawah ini :

  • Ulat tanah

Jenis hama yang satu ini memang sering manyerang tanaman jagung manis. Biasanya ulat tanah ini menyerang pada bagian tanah di bawah akar tanaman. Biasanya ulat tanah ini dapat membuat tanaman jagung manis menjadi tidak dapat tumbuh subur lagi.Penting di baca Asal-Usul Tanaman Jagung Manis Serta Kandungan Gizinya

Advertisement

Untuk melakukan pengendaliannya, kita dapat langsung menyemprotkan cairan insektisida pada tanaman yang terserang hama ulat tanah ini. Penyemprotan ini di barengi dengan melakukan perbaikan drainase pada lahan tempat penanaman tersebut.

  • Penggerek tongkol

Penggerek tongkol ini juga merupakan hama yang sering menyerang pada tanaman jagung manis. Tetapi untuk hama yang satu ini paling banyak menyerang pada bagian buah pada tanaman jagung manis.

Hama penggerek tongkol ini biasanya berupa ulat perusak buah. Dan hanya dapat di atasi dengan cara membersihkan tanaman yang terserang hama tersebut serta melakukan penyemprotan cairan pestisida pada tanaman.

  • Hama uret

Untuk hama uret ini biasanya dapat merusak tanaman jagung manis, bahkan dapat membuat tanaman jagung manis menjadi layu dan dapat menyebabkan kematian pada tanaman tersebut. Biasanya hama ini banyak menyerang ketika musim penghujan telah tiba.Baca juga Umur Jagung Manis Siap Panen Di Pekarangan Rumah

Hama yang satu ini biasanya memiliki bentuk berupa ulat yang dapat merusak tanaman. Untuk melakukan pencegahannya, kita dapat langsung melakukan pengendalian secara kimiawi menggunakan cairan insektisida yang dapat secara langsung di semprotkan pada tanaman jagung manis.

  • Lalat bibit

Lalat bibit merupakan jenis hama yang sering menyerang bibit tanaman jagung manis, biasanya lalat bibit ini akan senang berkembang biak apabila tempat di sekitar lingkungan penanaman menjadi lembab. Dengan kelembapan yang tinggi tersebut, lalat bibit ini akan senang berkembang biak dengan cepat.

Untuk pengendaliannya biasanya sama seperti melakukan pengendalian hama yang lainnya, yaitu dengan cara menyemprotkan cairan insektisida secara teratur.

Inilah Waspada 3 Serangan Hama Jagung Manis Mematikan tulisan terkait Lain 6 Penyakit Pada Jagung Manis Paling Berbahaya

Advertisement
Waspada 3 Serangan Hama Jagung Manis Mematikan | penulis penulis | 4.5