Waktu Umur Panen Tanaman Buah Pepaya

Waktu Umur Panen Tanaman Buah Pepaya – Pemanenan merupakan sesuatu yang paling di tunggu-tunggu oleh semua para petani yang melakukan penanaman. Tetapi pemanenan ini harus di lakukan dengan menggunakan teknik, artinya pemanenan tidak boleh di lakukan dengan sembarang cara, agar tidak merusak buah pada tanaman tersebut.

Pada saat pemanenan pada buah pepaya ini harus di lakukan dengan cara memetik buah tersebut secara langsung dari pohonnya. Jika melakukan pemanenan dengan cara menjolok buah menggunakan kayu, maka akan dapat membuat buah pepaya tersebut menjadi hancur akibat telah jatuh. Karena pada dasarnya buah pepaya ini bersifat sangat lembut, sehingga harus di petik secara langsung.

Advertisement

Biasanya pemanenan pada tanaman pepaya ini di lakukan ketika buah pepaya tersebut sudah berubah warna menjadi kekuningan. Selain warna buah yang telah berubah, tanaman pepaya ini juga baru bisa di petik apabila buah pepaya tersebut telah berubah menjadi lembut.Waktu Umur Panen Tanaman Buah Pepaya

Waktu Umur Panen Tanaman Buah Pepaya

Bukan hanya buah pepaya yang sudah matang saja yang dapat di panen. Buah pepaya yang masih muda juga dapat di panen, biasanya buah pepaya yang masih muda ini di panen untuk di jual ke pedagang sayur. Karena buah pepaya yang masih muda ini dapat di jadikan sebagai olahan masakan.

Pemanenan ini harus di lakukan secara sekaligus, agar tidak terjadinya pembusukan pada buah pepaya tersebut. Setelah melakukan pemanenan, sebaiknya buah pepaya langsung di letakkan di daerah yang kering dan bersih. Agar buah pepaya tersebut masih dalam keadaan segar.

Advertisement

Selain itu, setelah kita melakukan proses pemanenan, ada baiknya jika kita melakukan pembersihan pada buah pepaya tersebut. Agar getah-getah yang ada pada buah pepaya tersebut tidak banyak menempel, jika getah banyak menempel pada buah pepaya tersebut maka itu akan tidak baik untuk di konsumsi nantinya. simak juga Jenis Hama Pada Tanaman Pepaya

Proses pemilihan Buah pepaya Sehat

Pada saat proses pemanenan, ada baiknya jika kita langsung memisahkan buah pepaya yang berkualitas baik dengan buah pepaya yang telah mengalami kerusakan. Pemisahan tersebut di lakukan agar kita mudah melakukan penjualan buah pepaya nantinya.

Jika buah pepaya tersebut terserang hama atau pun penyakit yang berbahaya, sebaiknya jangan di lakukan pemanenan. Karena buah yang terserang hama dan penyakit tersebut akan mudah menular pada buah pepaya yang lainnya. Sehingga buah-buah pepaya yang tadinya segar dan berkualitas baik, akan tercemar sehingga buah tersebut tidak laku untuk di jual.

Pada saat memperdagangkan buah hasil dari pemanenan tersebut, maka kita harus memperdagangkan buah pepaya yang utuh dan tidak cacat. Selain itu buah yang di perdagangkan tersebut harus layak untuk di konsumsi, jika buah dalam keadaan busuk, sebaiknya jangan di perdagangkan karena akan sangat merugikan bagi konsumen.

Jika umur panen pada tanaman pepaya belum cukup, maka sebaiknya jangan di petik terlebih dahulu. Jika buah di panen terlebih dahulu maka itu termasuk jenis buah yang tidak layak untuk di perdagangkan.sekian baca juga Pengendalian Penyakit Pada Tanaman Pepaya

Advertisement
Waktu Umur Panen Tanaman Buah Pepaya | Penulis | 4.5