Waktu Umur jeruk Purut Bisa Dipanen

Waktu Umur jeruk Purut Bisa Dipanen – Panen Jeruk Purut merupakan sesuatu yang paling di tunggu-tunggu oleh semua petani. Karena pada saat pemanenan ini lah petani dapat mengetahui hasil penanamannya.

Dalam melakukan pemanenan ini, pastinya petani akan mengharapkan keuntungan yang lebih besar. Tetapi tentunya pasti ada kerugian pada saat melakukan pemanenan tanaman jeruk purut ini.

Advertisement

Untuk tanaman jeruk purut ini sendiri baru dapat di panen ketika telah memasuki usia kurang lebih satu tahun. Tetapi pemanenan jeruk purut ini sebenarnya tergantung pada varietas buah jeruk purut itu sendiri.Waktu Umur jeruk Purut Bisa Dipanen

Secara normal buah ini dapat di petik hingga mencapai 600 buah per tahunnya, tetapi itu semua tergantung terhadap kesehatan tanaman jeruk purut itu sendiri.

Jika buah yang di hasilkan tersebut tidak ada yang busuk, maka keuntungan telah berpihak kepada petani tersebut. Tetapi jika buah yang di hasilkan semuanya dalam keadaan busuk dan hancur, maka akan sangat merugikan petani buah tersebut.

Waktu Umur jeruk Purut Bisa Dipanen

Petani buah akan merasakan kerugian, karena buah-buah yang busuk atau rusak tersebut tentunya tidak dapat di jual kembali. Jika di jual pun pastinya akan di hargai dengan harga yang sangat murah, sehingga tentunya tidak seimbang dengan proses penanaman yang telah di lakukan untuk tanaman buah tersebut.

Pengumpulan

Setelah melalui tahap pemetikan buah jeruk purut, maka hal yang harus di lakukan selanjutnya ialah melakukan pengumpulan. Pengumpulan buah ini harus berdasarkan pada jenis atau varietas buah jeruk tersebut.

Advertisement

Bukan hanya itu, pengumpulan ini juga harus di lakukan berdasarkan dengan berat dan besar buah tersebut, agar pada saat penyimpanan tidak sulit di lakukan.

Pernyortiran

Jika buah tersebut sudah selesai di petik dan di kumpulkan. Maka sebaiknya kita harus melakukan proses penyortiran terlebih dahulu.

Penyortiran ini berguna untuk memisahkan buah yang busuk dengan buah yang masih segar. Pemisahan ini berguna agar buah yang masih segar tidak berubah menjadi busuk akibat tercampur.

Penyimpanan

Jika semuanya telah di lakukan dengan baik, selanjutnya yang harus kita lakukan yaitu melakukan penyimpanan. Untuk penyimpanan ini harus di lakukan di dalam ruangan yang sejuk. Karena di dalam ruangan yang sejuk ini, buah jeruk purut akan mampu bertahan lebih lama lagi.

Biasanya ruang pendingin yang di gunakan untuk melakukan penyimpanan ini ialah memiliki temperatur kurang lebih 5 derajat celcius. Tetapi usahakan buah yang di simpan tersebut jangan sampai membeku dan jangan di simpan terlalu lama, takutnya buah tersebut akan mudah menjadi layu.

Pengemasan

Setelah semuanya selesai, tahap yang terakhir ialah melakukan pengemasan. Pengemasan ini juga sudah termasuk penimbangan buah tersebut. Pengemasan ini juga harus di lakukan dengan sebagus mungkin, agar pelanggan buah jeruk purut tidak merasa kecewa dengan barang yang telah di belinya.

Jika pengemasan telah di lakukan, maka pada saat penyusunan barang ke dalam alat transportasi harus di lakukan dengan serapi mungkin, agar buah yang telah di kemas tidak akan mudah rusak.demikian Waktu Umur jeruk Purut Bisa Dipanen semoga bisa berguna dan bermanfaat..salam.

Advertisement
Waktu Umur jeruk Purut Bisa Dipanen | Penulis | 4.5