Usaha Budidaya Anggrek Dalam Pot Tunggal Rumahan

Usaha Budidaya Anggrek Dalam Pot Tunggal Rumahan – Dalam hal melakukan budidaya tanaman hias anggrek, biasanya dapat di lakukan dengan menggunakan pot tunggal.

Pada umumnya untuk budidaya tanaman hias anggrek ini dapat di lakukan dengan menggunakan polybag atau yang sejenisnya, tetapi pada saat ini budidaya anggrek sudah dapat di lakukan dengan menggunakan pot tunggal.

Advertisement

Sebelum melakukan budidaya tanaman hias anggrek dengan menggunakan pot tunggal, sebaiknya harus di lakukan persiapan untuk media, pot, dan sarana lainnya.

Biasanya untuk media tanam yang di gunakan tersebut dapat berupa seperti sabut kelapa, arang, sekam bakar, sekam biasa, dan juga pupuk.

Bukan hanya itu saja, untuk pemilihan pot yang akan di gunakan pun harus di lakukan sesuai dengan jenis tanaman anggrek hias tersebut.Baca dulu Lokasi Dan Tempat Bagus Untuk Menanam Bunga Anggrek

Pada umumnya pot yang akan di gunakan tersebut memiliki ukuran 4-6 cm. Untuk pot yang di gunakan pun biasanya dapat berupa pot pelastik. Karena pot plastik merupakan jenis pot yang dapat di gunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Usaha Budidaya Anggrek Dalam Pot Tunggal Rumahan

Usaha Budidaya Anggrek Dalam Pot Tunggal Rumahan

Selain itu, pot yang di pilih untuk di gunakan sebagai tempat penanaman ini harus di sesuaikan dengan ukuran tanaman. Usahakan pot yang di gunakan harus lebih besar dari ukuran tanaman hias anggrek. Karena jika ukuran pot tanaman lebih besar, maka tanaman tersebut dapat tumbuh dan berkembang lebih leluasa lagi.Tulisan terkait lain Hama vs Penyakit Bunga Anggrek Paling Mematikan

Advertisement

Jika tanaman anggrek yang berada di dalam kompot telah di seleksi dengan baik, maka selanjutnya yang dapat di lakukan ialah memindahkan tanaman dari kompot ke dalam pot tunggal.

Dalam hal melakukan pemindahan ini sebaiknya harus di lakukan secara hati-hati, agar akar tanaman tidak terputus atau tertinggal.

Untuk awal pemindahan tanaman biasanya dapat di lakukan dengan hanya menggunakan pot yang berbahan dasar pelastik.

Selain itu media tanam yang di gunakan pun harus jenis media tanam yang baru. Jika media tanam yang lama di gunakan kembali, takutnya akan menimbulkan hama dan juga penyakit pada tanaman hias anggrek tersebut.

Media tanam yang di gunakan tersebut biasanya dapat berupa seperti :

  • sekam bakar
  • arang
  • sabut kelapa
  • sekam biasa
  • tanah lempung pasir
  • pupuk

Media tanam yang di gunakan tersebut bisa langsung segera di campurkan berdasarkan dengan dosis yang di tentukan sebelumnya.Wajib di baca Usaha Anggrek kompot Rumahan Dan Tata Caranya

Biasanya tanaman anggrek hias yang di pindahkan ke dalam pot tunggal, dapat segera langsung di pindahkan dan di susun ke dalam rak yang berasal dari kayu damar laut. Pot yang dapat di tempatkan pun harus jenis pot yang berukuran 18 cm.

Jika sudah mencapai waktu selama 6 bulan, pot tunggal yang di susun ke dalam rak dari kayu damar laut tersebut, dapat langsung segera di pindahkan ke dalam pot tanah yang memiliki ukuran lebih besar lagi dari yang sebelumnya.

Mungkin hanya ini saja tulisan malam ini seputar Usaha Budidaya Anggrek Dalam Pot Tunggal Rumahan semoga bisa bermanfaat..Baca juga Perkembangan Dan Prospek Usaha Anggrek

Advertisement
Usaha Budidaya Anggrek Dalam Pot Tunggal Rumahan | penulis penulis | 4.5