Usaha Agribisnis Budidaya Durian Unggul Prospeknya Cerah

Usaha Agribisnis Budidaya Durian Unggul Prospeknya Cerah – Buah durian adalah buah yang banyak disukai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis serta baunya yang khas sangat disukai oleh para pecintanya.

Dari tahun ke tahun, permintaan durian di pasaran semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena pertumbuhan masyarakat di Indonesia yang tinggi setiap tahunnya.

Advertisement

Durian merupakan buah pertama yang paling populer di Indonesia. Tidak heran jika permintaannya setiap tahunnya bertambah. Tidak hanya buah yang paling populer di Indonesia, tetapi buah durian juga dapat menembus pasar internasional dan dapat mengalahkan popularitas buah yang selama ini menjadi komuditas impor paling tinggi.

Namun begitu, budidaya durian yang dilakukan di Indonesia hanya bertumpu pada kebun buah di lahan pekarangan atau pohon di ladang yang tumbuh alami. Hal inilah yang menjadi pasokan beberapa varietas buah durian di Indonesia masih bertumpu pada Malaysia.

Akan tetapi, walaupun beberapa varietas masih memasok buah durian dari Indonesia, tetapi tidak mengubah Indonesia sebagai produsen durian terbesar kedua setelah Thailand.

Usaha Agribisnis Budidaya Durian Unggul Prospeknya Cerah

Usaha Agribisnis Budidaya Durian Unggul Prospeknya Cerah

Banyaknya petani durian tidak mampu memenuhi kebutuhan konsumen akan durian. Permintaan yang tinggi tersebut juga mempengaruhi harga dari durian tersebut. Semakin banyak permintaan durian dari konsumen, maka semakin tinggi lah harga dari buah durian tersebut.Jangan lupa baca juga Prospek Bisnis Budidaya Pepaya California Rumahan

Tingginya harga durian merupakan keuntungan tersendiri yang akan didapatkan oleh petani durian. Mengapa begitu? Pasalnya semakin tinggi harga buah durian di pasaran maka keuntungan yang akan didapatkan oleh petani durian semakin berlipat ganda.

Keuntungan yang berlipat yang akan didapatkan oleh petani durian membuat sebagian orang tergiur untuk membudidayakan buah durian. Mungkin budidaya durian menjadi peluang agribisnis yang bagus bagi mereka yang ingin membudidayakan buah durian.

Saat ini, petani buah durian tidak hanya memasarkan buah duriannya di pasar dalam negeri saja tetapi di luar negeri juga ikut menjadi sasaran untuk memasarkan buah negeri.

Usaha Agribisnis Budidaya Durian Unggul Prospeknya Cerah

Peluang pasar sangat terbuka lebar bagi Anda yang ingin membudidayakan buah durian ini. Peluang tersebut dibarengi dengan banyaknya keuntungan yang akan Anda dapatkan jika Anda telah sukses membudidayakan buah durian tersebut.

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa kebutuhan buah durian terus meningkat apabila pertumbuhan masyarakat juga semakin meningkat setiap tahunnya.

Menurut persentase, orang yang menyukai durian lebih banyak daripada orang yang tidak menyukai durian. Ada beberapa faktor mengapa ada orang yang tidak menyukai durian. Contohnya seperti bau durian yang terlalu menyengat yang akan membuat orang menjadi mual.Tulisan terkait Lain Khasiat Manfaat Temu Hitam Dan Tempuyung Sebagai Pengobatan Alami

Tidak hanya itu saja, rasa panas yang akan ditimbulkan oleh perut ketika selesai mengonsumsi durian juga menjadi faktor mengapa ada sebagian orang yang tidak menyukai durian.

Namun, rasa panas yang ditimbulkan oleh perut ketika selesai mengonsumsi durian terjadi apabila mengonsumsi durian dalam jumlah yang berlebihan.

Advertisement

Pemeliharaan Budidaya Pohon Durian Cukup Mudah

Dalam membudidayakan durian, tidak hanya tahap penanaman saja yang perlu diperhatikan. Namun, tahap atau proses pemeliharaan juga perlu diperhatikan. Hal yang terpenting agar dapat menghasilkan durian yang bermutu adalah memelihara durian tersebut dengan baik.Jangan lupa baca juga Khasiat Manfaat Tapak Liman Dan Sidaguri Untuk Pengobatan Herbal

Produksi yang optimal dari buah durian hanya bisa didapatkan apabila petani buah durian tersebut dapat memelihara tanaman duriannya dengan baik. Contohnya saja dalam membersihkan lingkungan sekitar penanaman. Lingkungan sekitar penanaman perlu dibersihkan karena mengingat hama dan penyakit sering muncul ketika lingkungan sekitar penanaman tidak bersih.

Usaha Agribisnis Budidaya Durian Unggul Prospeknya Cerah

Pemeliharaan durian tidak semuanya sama. Semuanya tergantung pada fase atau umur durian tersebut, yaitu pemeliharaan saat tanaman belum menghasilkan buah dan pemeliharaan saat tanaman sudah menghasilkan buah. Berikut ini akan dijelaskan mengenai pemeliharaan tanaman saat belum menghasilkan buah saja.

Pembuatan naungan untuk tanaman Durian muda

Pemeliharaan yang satu ini digunakan untuk pemeliharaan saat tanaman belum menghasilkan buah. Naungan sangat dibutuhkan saat tanaman masih muda. Naungan ini fungsinya adalah untuk melindungi benih yang baru selesai ditanam dari cahaya matahari secara langsung.

Pembuatan naungan ini sangat simpel dan tidak memakan waktu yang lama. Cara membuat naungan adalah sebagai berikut.Penting di baca dulu Sejarah Asal Usul Durian Di Indonesia Dan Kandungan Nutrisnya

  1. Siapkan tiang naungan yang berukuran 120 cm sebanyak dua buah dan juga 110 cm sebanyak dua buah.
  2. Siapkan juga ajir untuk rusuk naungan dengan ukuran 110 cm sebanyak 6 buah.
  3. Siapkan tali rafia atau bisa juga menggunakan kawat.
  4. Dan yang terakhir adalah paranet dengan ukuran 110 cm x 110 cm.
  5. Setelah semua bahan dipersiapkan, selanjutnya pembuatan dapat dilakukan dengan cara memasang tiang panjang yang ukurannya 120 cm dengan jarak antar tiangnya 100 cm.
  6. Pasang lagi tiang panjang yang berukuran 110 cm di hadapan tiang 120 cm.
  7. Rusuk dapat diikat dan dipasang keempat tiang.
  8. Paranet dapat menutupkan paranet ke atas rangka naungan dan setelah itu dapat diikat dirusuk tepi naungan.

Usaha Agribisnis Budidaya Durian Unggul Prospeknya Cerah

Memangkas Daun ranting tanaman Durian muda

Tanaman yang masih muda memang perlu dipangkas. Pemangkasan ranaman muda dilakukan dengan tujuan untuk membentuk tajuk tanaman yang baik. Saat masih muda, tajuk tanaman memang perlu dibentuk agar menghasilkan tajuk tanaman yang baik. Tiak hanya itu saja, pemangkasan tanaman muda juga bertujuan untuk mampu menopang produksi.

Ketika memangkas tanaman muda ada cara-caranya. Cara memangkas tanaman muda adalah sebagai berikut.

  1. Persiapkan terlebih dahulu cabang yang akan dipangkas. Cabang yang akan dipangkas merupakan cabang primer yang ada pada bagian bawah hingga bagian dengan ketinggian 80 cm.
  2. Setelah itu, cabang tersebut dapat dipotong dengan menggunakan gunting khusus untuk memotong cabang.
  3. Tidak hanya itu saja, dahan yang memiliki jarak 4 cm dari batang utama dapat dipotong.
  4. Cabang-cabang yang tidak normal juga dapat adipotong.
  5. Tunas air juga perlu dipotong.
  6. Ranting-ranting yang berdekatan dengan batang utama dapat dipangkas.

Inilah Usaha Agribisnis Budidaya Durian Unggul Prospeknya Cerah semoga bisa membantu dan berguna..Tulisan terkait lain Memelihara Kualitas Buah Melon Budidaya Unggulan

Advertisement
Usaha Agribisnis Budidaya Durian Unggul Prospeknya Cerah | admin | 4.5