Upaya Pencegahan Penyakit Pada Anggur

Upaya Pencegahan Penyakit Pada Anggur – Penyakit yang terjadi pada tanaman anggur ini tentunya berbeda dengan hama yang menyerang pada tanaman anggur tersebut. Biasanya penyakit yang menyerang pada tanaman ini bisa datang secara tiba-tiba dan juga bisa datang secara bertahap.

Jenis penyakit yang menyerang tanaman anggur ini ada yang berbahaya dan juga ada yang tidak berbahaya. Jika penyakit yang menyerang tanaman ini merupakan jenis penyakit yang berbahaya, maka tanaman tersebut akan mudah mengalami stres berat dan bisa sampai mengalami kematian.Upaya Pencegahan Penyakit Pada Anggur

Advertisement

Biasanya penyakit yang menyerang pada tanaman ini di akibatkan oleh faktor kelembapan yang ada pada tanaman tersebut. Jika tingkat kelembapan pada tanah yang ada pada tanaman tersebut.

Semakin tinggi, maka akan berdampak buruk terhadap tanaman tersebut. Tanaman akan mudah terserang penyakit apabila tingkat kelembapan pada tanaman terlalu tinggi.

Upaya Pencegahan Penyakit Pada Anggur

Selain itu, jika suhu yang terjadi di sekitar lingkungan tersebut tidak stabil, maka penyakit akan sangat mudah menyerang tanaman. Maka dari itu, jika suhu udara berubah, maka kita harus segera menanganinya sebelum terlambat.

Baca Juga: Pruning dan Training Pada Tanaman Anggur

Berikut ini merupakan jeni-jenis penyakit yang sering menyerang tanaman anggur. Jika ingin mengetahuinya, lihat lah di bawah ini :

Advertisement
  • Grey mold

Jenis penyakit ini biasanya banyak menyerang pada buah anggur. Biasanya tanaman yang terserang penyakit tersebut dapat menghasilkan buah yang busuk dan berkualitas tidak bagus.

Jika jenis penyakit ini tidak segera di atasi, maka akan berdampak buruk dan bahkan dapat menimbulkan kerugian yang besar terhadap penanaman.

  • Buah tidak seragam

Buah tidak seragam ini juga merupakan penyakit yang menyerang tanaman anggur. Biasanya buah anggur ini sebagian ada yang masak dan sebagiannya lagi ada yang masih mentah.

Jadi buah anggur yang masak tersebut tidak seragam. Bukan hanya itu saja, buah anggur tersebut berbuah lebih kecil dari yang biasanya.

  • Pecah buah

Penyakit pecah buah ini merupakan jenis penyakit yang sangat merugikan. Karena jika buah sudah pecah, maka buah tersebut tidak akan mudah untuk di jual ke pada konsumen.

Pastinya orang-orang banyak memilih jenis buah yang utuh di bandingkan dengan buah yang sudah dalam keadaan pecah

  • Powdery mildew

Jika tanaman anggur terkena penyakit ini, maka akan berdampak buruk terhadap buah yang di hasilkan pada tanaman tersebut. Buah yang akan di panen akan memiliki bercak-bercak warna abu-abu, bercak-bercak tersebut dapat membuat buah anggur ini akan sulit untuk di konsumsi.

Cara mengatasi penyakit ini dapat di lakukan dengan cara menyemprotkan buah-buah yang siap di panen dengan menggunakan dhitane. Penyemprotan ini di lakukan agar penyakit tidak mudah menyerang tanaman lainnya.

Baca Juga: Hama dan Penyakit Pada Tanaman Anggur

Penyemprotannya pun harus di lakukan sekitar dua minggu sekali, penyemprotannya pun harus di lakukan pada seluruh tanaman. Artinya penyemprotan tidak harus di lakukan pada buah tanaman anggur saja.Sekian Upaya Pencegahan Penyakit Pada Anggur semoga berguna..

Advertisement
Upaya Pencegahan Penyakit Pada Anggur | Penulis | 4.5