Umur Penen Segala Macam Cabai

Umur penen segala macam cabai – Pemanenan merupakan sesuatu yang paling di tunggu-tunggu oleh para petani untuk mendapatkan hasil penanaman yang telah di lakukan selama waktu yang telah di tentukan. Pada saat pemanenan ada yang namanya untung dan ada yang namanya rugi.

Kerugian itu sendiri dapat berasal dari penyakit atau hama yang menyerang pada tanaman cabai itu sendiri.

Advertisement

Kebanyakan untuk tanaman cabai ini lebih banyak mendapatkan keuntungan dari pada kerugiannya. Maka dari itu orang-orang tidak bosan untuk melakukan penanaman tanaman cabai.Umur Penen Segala Macam Cabai

Umur Panen tanaman Cabai

Umur panen dari masing-masing jenis tanaman cabai berbeda-beda. Misalnya cabai merah lebih duluan memasuki masa panen dari pada jenis cabai lainnya.

Walaupun masa panen cabai rawit terbilang sangat lambat, tetapi buah yang ada pada tanaman cabai rawit ini lebih banyak di bandingkan dengan buah yang ada pada cabai merah.

Pada saat pemetikan, kita tidak boleh melakukannya dengan sembarangan. Karena jika pemetikan buah cabai dengan sembarangan, maka buah tersebut akan mudah rusak sebelum buah tersebut di jual di pasaran.

Buah yang rusak akan di jual lebih murah di bandingkan dengan buah cabai yang masih segar. Kerugian antara buah cabai yang rusak dengan buah cabai yang segar akan mencapai 3 kali lipat per kilo nya.

Advertisement

Cara memetik Cabai saat penen

Jika cabai tersebut baru di petik, sebaiknya kita harus segera mengirimnya ke penjual cabai. Jika kita menunda pengiriman, maka buah-buah cabai tersebut akan terlihat rusak atau membusuk.

Sebaiknya cabai yang telah di petik tersebut di masukkan ke dalam wadah yang tidak ada celah udaranya. Agar cabai yang ada di dalamnya dapat tetap awet hingga ke tempat tujuannya.

Waktu panen yang tepat untuk tanaman cabai ini yaitu pada waktu pagi hari. Karena di pagi hari, tanaman masih terlihat sangat segar, sehingga akan sangat mudah untuk memanennya.

Hindari pemetikan pada waktu siang hari, karena cahaya matahari yang terik dapat membuat batang tanaman menjadi layu. Sehingga buah selanjutnya akan sulit untuk muncul kembali.

Pemanenan hanya dapat di lakukan pada buah cabai yang sudah matang atau masak. Kita dapat mengetahui apakah buah tersebut sudah masak, apabila buah tersebut di pencet terasa lembut maka buah cabai tersebut dapat di katakan masak.

Umur Penen Cabai merah

Untuk cabai merah sendiri, dapat di panen ketikan buah cabai tersebut berubah warna dari hijau menjadi merah. Jika warna dari cabai tersebut belum berubah, sebaiknya jangan di petik terlebih dahulu. Karena dapat mengurangi rasa khas yang ada pada cabai merah itu sendiri.

Jika buah tersebut rusak atau busuk, sebaiknya tetap di petik dan di asingkan di tempat yang lain. Kalau bisa buah yang busuk atau rusak tersebut jangan di buang, karena biasanya jenis buah tersebut dapat di jual dengan harga yang sangat murah.

Advertisement
Umur Penen Segala Macam Cabai | Penulis | 4.5