Umur Jagung Manis Siap Panen Di Pekarangan Rumah

Umur Jagung Manis Siap Panen Di Pekarangan Rumah – Panen merupakan waktu yang paling di tunggu oleh para petani jagung manis, karena waktu panen ini lah merupakan waktu penentuan apakah penanaman jagung manis tersebut berhasil atau tidak. Biasanya untuk pemanenan tanaman jagung manis ini lebih banyak mendapatkan keuntungan dari pada kerugiannya.

Biasanya untuk waktu pemanenan tanaman jagung manis ini tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya sekitar 2 bulan setelah di lakukannya penanaman. Untuk itu kita sebagai petani tanaman jagung manis tidak perlu menunggu lama untuk memanen buah dari jagung manis tersebut.

Advertisement

Umur Jagung Manis Siap Panen Di Pekarangan Rumah

Setelah pemanenan selesai di lakukan, bukan berarti semuanya sudah selesai. Setelah pemanenan di lakukan, masih ada kegiatan yang selanjutnya. Kegiatan yang di maksud tersebut ialah pasca panen, pasca panen ini juga merupakan sesuatu yang sangat penting untuk di lakukan oleh para petani jagung manis.

Umur Jagung Manis Siap Panen Di Pekarangan Rumah

Ketika tanaman jagung manis sudah mulai berbunga dan sudah mulai melakukan pengisian biji, maka itu sebuah pertanda bahwa waktu pemanenan tidak lama lagi. Sehingga untuk para petani jagung manis sudah harus bersiap-siap untuk mempersiapkan segala sesuatu yang akan di gunakan untuk melakukan pemanenan jagung manis.Penting di baca dulu Sejarah Asal Usul Durian Di Indonesia Dan Kandungan Nutrisnya

Pada umumnya pembungaan ini baru keluar ketika telah memasuki umur sekitar 42 hari, setelah pembungaan baru lah di susul dengan pengisian biji secara penuh. Maka setelah itu pemanenan baru dapat di lakukan oleh para petani jagung manis setelah memasuki usia 2 bulan atau 60 hari.

Advertisement

Waktu Umur Panen Panen jagung

Untuk pemanenan ini biasanya di lakukan setelah hari ke 63, ini bertujuan agar biji dari jagung manis tersebut terisi penuh. Usahakan untuk pemanenan ini jangan di lakukan lebih dari 67 hari, karena dapat menyebabkan jagung manis mejadi tidak manis lagi dan juga dapat terjadi perubahan warna dan bentuk dari tekstur jagung manis tersebut, akibat terlalu lama di lakukannya proses pemanenan.Wajib anda baca dulu Usaha Agribisnis Budidaya Durian Unggul Prospeknya Cerah

Biasanya para petani jagung manis ini melakukan pemanenan pada waktu pagi hari. Karena waktu pagi hari merupakan waktu yang sangat tepat untuk di lakukannya pemanenan jagung manis. Usahakan pemanenan ini di lakukan menurut varietasnya, agar tidak terlalu sulit untuk melakukan pemanenannya.

Tetapi pemanenan ini juga tidak berpengaruh terhadap usia dari tanaman jagung manis tersebut. Pemanenan dapat di lakukan jika ujung tongkol dari jagung manis tersebut telah terisi penuh. Selain itu warna dari biji jagung manis telah menguning.

Bukan hanya itu saja, untuk pemanenan baru dapat di lakukan ketika rambut jagung manis telah berwarna kecoklatan. Jika ciri-ciri tersebut telah ada pada jagung manis anda, tetapi belum mencapai masa pemanenan, maka pemanenan sudah dapat di lakukan.

Jangan lakukan pemanenan pada waktu siang dan sore hari, karena itu akan dapat merubah rasa dan kualitas dari jagung manis tersebut.Inilah Umur Jagung Manis Siap Panen Di Pekarangan Rumah semoga bisa berguna dan membantu.Baca juga Asal-Usul Tanaman Jagung Manis Serta Kandungan Gizinya

Advertisement
Umur Jagung Manis Siap Panen Di Pekarangan Rumah | penulis penulis | 4.5