Trik Panen Cabai Sepanjang Musim

Trik panen cabai sepanjang musim – Panen merupakan sesuatu yang paling di tunggu-tunggu para petani setelah melakukan penanaman. Pemanenan baru dapat di lakukan apabila buah yang di tanam tersebut telah memiliki tingkat kematangan yang sempurna.

Jika buah cabai belum memiliki tingkat kematangan yang telah di tentukan, maka sebaiknya kita tidak melakukan pemanenan terlebih dahulu.

Advertisement

Pada saat ini kita akan membahas tentang pemanenan cabai di segala musim. Karena telah beredar kabar, bahwa ketika musim penghujan dan musim kemarau tiba, tanaman cabai akan sulit mengalami pertumbuhan, sehingga akan sulit di panen. Tetapi kita akan mencoba agar tanaman cabai dapat panen di sepanjang musim.Trik Panen Cabai Sepanjang Musim

Agar cabai dapat panen di sepanjang musim, maka kita harus menggunakan trik agar cabai tersebut dapat di panen. Berikut ini merupakan trik dari penanaman cabai agar dapat panen sepanjang musim :

  • Kita harus meletakkan media tanam yang subur dan mudah di cari
  • Tanah yang di gunakan untuk penanaman pun harus berasal dari bekas bakaran sampah.
  • Pupuk yang di berikan untuk tanaman cabai nantinya juga harus berasal dari kotoran hewan. Karena pupuk yang berasal dari kotoran hewan dapat menimbulkan kesuburan pada tanaman. Sehingga tanaman dapat mengeluarkan bauh secara terus-menerus.
  • Pada saat penanamannya, kita juga harus menggunakan air yang bersih. Seperti air hujan, karena air hujan masih alami, sehingga bagus untuk di lakukan penyiraman.

Teknologi budidaya Cabai

Advertisement

Selain itu, kita juga akan membahas tentang teknologi budidaya pada tanaman cabai. Teknologi budidaya ini meliputi :

  • Teknologi penyiapan lahan
  • Pembibitan
  • Pemasangan mulsa
  • dan yang terakhir pemeliharaan

Teknologi penyiapan lahan Cabai

Teknologi ini akan di pakai ketika kita hendak melakukan penanaman. Kita memang harus menyiapkan lahan yang akan di pakai untuk penanaman.

Lahan yang akan di gunakan untuk penanaman harus telah melalui proses seperti pencangkulan, penyiangan, pemberian pupuk dan masih banyak lainnya.

Pembibitan

Setelah kita menyiapkan segala kebutuhan lahan, selanjutnya yang kita lakukan ialah melakukan pembibitan. Kita harus menyeleksi bibit yang akan di tanam.

Bibit yang akan di tanam harus terbebas dari hama dan penyakit, pembibitan ini dapat di lakukan di dalam polybag dan menggunakan media tanam seperti biasanya.

Pemasangan mulsa pelastik

Dalam melakukan penanaman pada tanaman cabai, memang di haruskan untuk melakukan pemasangan mulsa plastik.

Pemasangan mulsa ini bertujuan agar tanaman dalam keadaan lembab selalu. Selain itu, jika tanaman di beri mulsa pelastik, maka tanaman akan terbebas dari serangan hama ataupun penyakit.

Pemeliharaan Cabai harian

Setelah semuanya di lakukan, maka tahap terakhir yang perlu di lakukan ialah melakukan pemeliharaan.

Pemeliharaan ini dapat di lakukan agar tanaman terbebas dari serangan hama dan penyakit. Pemeliharaan juga bertujuan untuk mengatasi penularan penyakit pada tanaman lainnya. Pemeliharaan tersebut juga berupa seperti melakukan penyiangan dan penyulaman.

Advertisement
Trik Panen Cabai Sepanjang Musim | Penulis | 4.5