Trik Menyiapkan Semai Benih Tomat Sendiri

Trik Menyiapkan Semai Benih Tomat Sendiri – Dalam hal melakukan penanaman, menyiapkan benih sendiri itu juga merupakan salah satu proses yang harus di lakukan jika dalam melakukan penanaman si penanam mengalami masalah pada biaya penanaman. Karena menyiapkan benih sendiri ini tidak memakan biaya yang cukup besar.

Bukan hanya masalah biayanya saja yang tidak terlalu mahal, proses pembuatannya pun terbilang sangat mudah dan sangat sederhana. Jika anda ingin menyiapkan benih secara sendiri, sebaiknya jangan khawatir terhadap pertumbuhan tanaman tersebut nantinya.

Advertisement

Awal penyiapan benih dengan cara sendiri ini memang menghasilkan sesuatu yang kurang memuaskan. Tetapi setelah lama-kelamaan pastinya akan menghasilkan sesuatu tanaman yang berkualitas baik. Jika anda ingin mengetahui penyiapan benih sendiri ini lebih lanjut, maka anda bisa langsung mencobanya sendiri.Trik Menyiapkan Semai Benih Tomat Sendiri

Trik Menyiapkan Semai Benih Tomat Sendiri

Saat pertama kali kita melakukan proses penanaman, hal yang juga harus kita lakukan ialah memilih jenis indukan yang akan kita gunakan untuk melakukan penanaman selanjutnya.

Pada saat melakukan pemilihan indukan ini, yang paling di utamakan ialah jenis indukan yang terbebas dari hama dan juga penyakit. Artinya kita harus memilih jenis indukan yang memiliki kesehatan yang telah terjamin.

Perlakuan benih Tomat

Advertisement

Jika ingin mendapatkan kualitas tanaman yang baik dan unggulan. Maka ada baiknya jika kita melakukan perlakuan yang baik terhadap benih yang akan di tanam nantinya. Perlakuan benih dengan cara yang baik dan benar ini memang sangat di pentingkan, karena pertumbuhan tanaman nantinya tergantung pada benih yang akan di berikan nantinya.baca juga 7 Varietas Jenis Tomat Paling Unggul

Biasanya dalam melakukan perlakuan benih, ada 3 cara yang harus di lakukan, yaitu dengan melakukan pencucian biji, pengeringan benih dan penyimpanan benih. Jika ingin mengetahui penjelasannya lebih lanjut lagi, anda bisa langsung melihatnya di bawah ini :

Pencucian biji tomat

Biji ini biasanya bisa di dapatkan pada buah tanaman yang memiliki kualitas yang baik. Biasanya buah yang bisa di ambil bijinya ketika buah tersebut sudah mulai membusuk. Karena biji yang telah membusuk tersebut akan sangat mudah berkembangnya di bandingkan dengan biji buah yang masih muda.

Jika biji tersebut sudah di pisahkan dari buahnya, maka hal yang selanjutnya di lakukan ialah melakukan pencucian biji tersebut. Pencucian ini di lakukan sampai biji benar-benar terpisah dari buahnya.

Pengeringan benih tomat

Setelah melakukan pencucian biji dengan bersih, hal yang harus di lakukan selanjutnya ialah melakukan pengeringan. Pengeringan ini harus di lakukan di tempat yang teduh alias di angin-anginkan, karena jika di keringkan di tempat yang terlalu panas, maka biji-biji tersebut akan terkelupas dengan sendirinya.

Penyimpanan benih tomat 

Jika pengeringan sudah selesai di lakukan dengan sempurna, maka selanjutnya benih yang telah mengering tersebut dapat langsung kita simpan. Penyimpanan ini dapat di lakukan di tempat yang kering dan tidak boleh lembab.demikian baca juga Memilih dan Menyiapkan Benih Tomat Berkualitas

Advertisement
Trik Menyiapkan Semai Benih Tomat Sendiri | Penulis | 4.5