Tips Perawatan Tanaman Buah Sawo Secara Harian

Beda orang beda pula cara perawatan yang di lakukan untuk tanaman hias maupun tanaman buah.Dalam tulisan kali ini,saya akan sedikit memberikan Tips Perawatan tanaman buah sawo secara harian agar tanaman tersebut tumbuh sehat,cepat besar serta memiliki buah yang cukup lebat..

Berbagai cara yang dapat dilakukan untuk melakukan pemeliharaan pada tanaman sawo yaitu sebagai berikut:

Advertisement

Penyiraman

Pemeliharaan yang paling banyak berpengaruh bagi penanaman sawo adalah penyiraman. Karena penyiraman sangat penting dilakukan untuk penentuan hidup dan matinya suatu tumbuhan tanaman sawo tersebut.  Penyiraman yang baik dilakukan pada 2 kali dalam satu hari, yaitu pagi dan sore.Tips Perawatan Tanaman Buah Sawo Secara Harian

Penyiraman pada tanaman harus menggunakan air yang bersih, dan jangan sekali-kali menggunakan air bekas cucian. Itu akan mengakibatkan tanaman akan mengalami kematian.

Penyiraman tanaman buah sawo yang baik, dilakukan sesuai takaran yang sudah tersedia. Didalam penyiraman tidak boleh berlebih dan tidak boleh berkurang. Karena jika air yang disiram berlebih dan menggenang pada tanaman, maka tanaman akan mengalami kematian karena kelebihan air.

Advertisement

Pemupukan Lanjutan

Pemupukan dilakukan agar tanaman buah sawo dapat tumbuh dengan subur dan berkualitas baik. Pemupukan dilakukan harus sesuai dengan dosis yang telah di tetapkan. Pemupukan dapat diberikan 300-650 gr urea/pohon/tahun sesudah tanaman sawo berbuah.

Pemupukan lanjutan yang diberikan adalah urea dan NPK. Tetapi, selain itu juga harus di berikan pupuk kandang sebanyak 5 kg untuk meningkatkan kesuburan tanah.

Biasanya, pemupukan lanjutan harus dilakukan pada 5 kali dalam satu tahun, pemupukan lanjutan ini dilakukan agar mendapatkan hasil yang optimal dan berkualitas bagus.

Pemberian pupuk diberikan pada sekeliling pohon. Sedangkan pemberian pupuk yang ada didalam pot, pupuk tersebut cuma di taburkan di tepi pot saja. Pemberian pupuk yang baik harus dilakukan secara bertahap yaitu dengan awalan 2 kg.

Pemangkasan

Pemangkasan pada tanaman sawo sangat penting, karena pemangkasan dilakukan agar tanaman dapat mengeluarkan cabang yang baru sehingga tanaman terlihat seperti sehat. Jika tanaman yang dicangkok, hanya perlu dipangkas untuk memperbaiki bentuk dari tanaman tersebut.

Pemangkasan yang dilakukan pertama, yaitu pada tanaman telah tumbuh dengan kuat dan kokoh, jika tanaman yang masih muda di pangkas, maka batang yang ada disebelahnya akan layu. Pemangkasan tersebut harus dilakukan pada batang dan dahan yang sudah cukup tua.

Kira-kira 4 bulan setelah dilakukannya penanaman. Luka bekas pemangkasan tersebut harus segera di obati, agar tidak terjadinya pembusukan pada tanaman tersebut.

Advertisement
Tips Perawatan Tanaman Buah Sawo Secara Harian | Penulis | 4.5