Teknik penanaman Bibit Buah Semangka

Teknik penanaman bibit buah semangka – Teknik penanaman pada tanaman buah semangka, harus dilakukan dengan teknik yang baik dan benar. Teknik penanaman tersebut harus mengikuti teknik penanaman yang sudah ada sebelumnya. Teknik penanaman yang di maksud seperti berikut ini:

Cara penanaman Bibit Semangka

Advertisement

Cara penanaman yang harus dilakukan untuk jenis tanaman buah semangka ini sama seperti melakukan penanaman pada tanaman biasanya.Teknik penanaman Bibit Buah Semangka

Untuk awal dilakukannya penanaman, pertama kita harus menyirami lahan untuk penanaman terlebih dahulu. Penyiraman berfungsi untuk melembabkan areal penanaman.

Jika areal penanaman dalam keadaan kering, maka tanaman akan sulit untuk berkembang. Setelah itu, baru lah kita lanjutkan proses penanamannya. Penanaman dengan tanah yang posisinya ke luar dari lubang penanaman.

Pembuatan lubang tanaman Bibit

Pembuatan lubang tanaman tidak boleh dilakukan sesuka hati kita, karena lubang tanaman merupakan penentu hidup matinya tanaman. Kenapa begitu? karena jika lubang tanaman tersebut tidak dalam, maka biji tanaman akan mudah keluar.

Advertisement

Sehingga tanaman bisa menjadi rusak sebelum waktunya. Maka dari itu kita perlu membuat lubang yang pas, tidak boleh terlalu dalam dan tidak boleh terlalu dangkal.

Pemeliharaan tanaman

Setelah teknik penanaman kita ketahui, selanjutnya ialah pemeliharaan tanaman. Untuk jenis tanaman buah semangka ini harus di lakukan pemeliharaan secara khusus, jika tidak tanaman ini akan mudah sekali rusak dan mudah sekali terserang hama atau pun penyakit.

Sebenarnya pemeliharaan pada tanaman buah semangka ini sama seperti pemeliharaan pada tanaman lainnya, mungkin perbedaannya tidak terlalu jauh. Jika ingin mengetahui teknik pemeliharaan pada tanaman buah semangka, lihatlah dibawah ini :

  • Pengairan

Pengairan memang sangat di perlukan dalam melakukan perawatan pada tanaman ini, jika pengairan jarang dilakukan atau dilakukan dengan cara yang tidak baik. Maka buah semangka yang di hasilkan tidak memiliki rasa yang manis.

  • Penyiangan

Perlu penyiangan pada ranting dan daun yang tidak berguna. Agar tanaman tidak mudah terserang atau terjangkit hama dan penyakit.

  • Pemupukan

Pemupukan yang diberikan untuk tanaman buah semangka ini harus sesuai dengan ketentuan, biasanya pupuk yang sering digunakan para petani lainnya ialah pupuk kandang. Karena pupuk kandang memiliki kandungan yang baik untuk tanaman.

  • Waktu penyemprotan

Waktu penyemprotan menggunakan cairan pestisida memang perlu dilakukan, gunanya untuk merangsang pertumbuhan daun yang baru pada tanaman buah semangka.

Advertisement
Teknik penanaman Bibit Buah Semangka | Penulis | 4.5