Teknik Menanam Sawo Dalam Pot Agar Berbuah Lebat

Tanaman sawo,selain memiliki ciri unik dan menawan,tanaman sawo yang kita tanam dalam pot juga memiliki daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang memandangnya.selain tergolong tanaman unik batang getah sawo juga bisa di jadikan bahan baku untuk industri salah satunya permen karet.

Artikel kali ini akan sedikit membahas Teknik menanam sawo dalam pot agar berbuah banyak yang akan saya ulas secara gamblang dan lengkap.sebaiknya artikel ini anda baca sampai habis.

Advertisement

Tanaman buah sawo bisa di perbanyak dengan melalui bijinya,akan tetapi,jika kita ingin menanam sawo dalam sebuah pot,sebaiknya gunakan bibit yang berasal dari Cangkokan atau Stek mata entres.selain cepat dalam menghasilkan buah,bibit sawo cangkokan juga mudah dalam perawatanya.

Di indonesia sendiri,banyak sekali jenis nama sawo,jenis nama-nama sawo mungkin akan saya bahs di artikel selanjutnya,kali ini kita konsen saja membhas Teknik menanam sawo dalam pot agar berbuah lebat.

Tanaman buah sawo,kebanyakan memiliki batang pohon yang cukup besar dan buahnya yang bergelatungan banyak.sejarah asli sawo sebenarnya dari negara amerika sana yang masuk kecamatan Guatemala..hee..

Langsung saja kembali ke topik,Untuk menanam sawo dalam pot,hal pertama yang perlu di ketahui adalah media tanamnya.buah sawo sangat cocok jika di tanam di tanah liat yangmemiliki sedikit pasir,memiliki unsur hara cukup serta memiliki pembuangan air yang memadai.Teknik Menanam Sawo Dalam Pot Agar Berbuah Lebat

Media tanamnya yang paling cocok bisa menggunakan Tanah-kompos dengan perbandingan bagi rata 1:1 lalu kedua bahan tersebut di aduk sampai rata dan di letakkan dalam pot sebagai media tanam bibit buah sawo tersebut.

Advertisement

Nah,cara menanam bibit sawo dalam pot juga harus di perhatikan,jangan asal sembarangan saja,langkah demi langkahnya,sebagai berikut.

  1. Sebaiknya,bagian bawah pot di alasi berupa arang atau bisa juga dengan menggunakan ijuk kira-kira 7 Cm tebalnya.hal ini untuk menjaga hilangnya unsur hara dan tanah sewaktu kita melakukan penyiraman.agar air bisa meresap secara sempurna.
  2. Masukan bibit sawo dalam pot,jika masih menggunakan Polybag,buang plastik pembungkusnya,lalu tanam dalam pot yang telah di isi dengan media tanam seperti di atas.
  3. Setelah bibit sawo di tanam,lakukan penyiraman secara rutin pagi dan sore hari dengan air secukupnya saja.
  4. Tata peletakanya sebaiknya simpan di daerah yang teduh serta memiliki sirkulasi udara yang segar dan lancar.
  5. Biasanya,dalam 2 bulan saja,bibit sawo sudah mengeluarkan tunas atau daun baru,nah jika tahap ini sudah jelas terjadi,bibit tersebut bisa kita letakan dalam tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Untuk kualitas buah nantinya,tergantung dari bibit dan cara perawatan serta pemupukan yang anda lakukan.jika bibit hasil cangkokan,maka tidak bakalan lama tanaman buah sawo tersebut akan berbuah,namun jika bibit dari hasil biji,memerlukan waktu bebera tahun untuk merasakan buah sawo tersebut.

Kunci utamanya adalah pemupukan,pupuk yang cocok untuk buah sawo adalah jenis pupuk Urea.pupuk urea mampu untuk merangsang pertumbuhan batang dan daun tanaman tersebut.

Nah,jika ingin cepat tanaman tersebut berbuah lebat,kita bisa melakukan cara Stres air atau dengan melakukan pemupukan dengan pupuk NPK dengan dosis Tinggi.Stres air sendiri adalah tanaman tidak di siram selama waktu yang di tentukan,sebagai contoh saja,tanaman tidak di siram selama 3 bulan.bisa di siram agar tanaman tersebut tidak mati saja.

Setelah 3 bulan,Tanaman sawo tersebut kita siram seperti biasa,pagi dan sore hari secara ruttin,tak bakalan lama,sawo tersebut nakan mengeluarkan bunga dan berbuah.cara ini hanya bisa di lakukan jika bibit tersebut hasil cangkokan bukan hasil dari biji..semoga berguna.

Advertisement
Teknik Menanam Sawo Dalam Pot Agar Berbuah Lebat | admin | 4.5