Teknik Menanam Jambu Air Dalam Pot lebat

Salah satu tanaman buah pot yang paling terkenal lainya adalah Jambu air.jambu air ini,jika kita tanam dalam pot,juga akan memiliki buah lebat.Dalam teknik menanam jambu air dalam pot lebat,kita harus perhatikan media tanam yang kita gunakan,selain itu,pemilihan bibit juga akan menentukan tingkat keberhasilan jambu air tersebut.

Tabulampot jambu air sudah banyak menyebar dikalangan masyarakat. Karena tabulampot jambu air merupakan suatu tanaman buah yang paling populer dikalangan masyarakat luas. Buah jambu air ini  memiliki banyak kandungan air di dalamnya, sehingga bagi para penikmatnya akan merasakan kesegaran.Teknik Menanam Jambu Air Dalam Pot lebat

Advertisement

Tanaman jambu air ini biasanya tidak ada yang di tanam di dalam pot, karena tanaman jambu air ini memiliki pertumbuhan yang cepat, sehingga tidak bisa di letakkan di dalam pot.

Pertumbuhan tanaman jambu air ini sangat pesat, sehingga dalam waktu yang singkat bisa memiliki ketinggian 3-3,9 m. Jambu air ini hanya berbuah dua kali dalam satu tahun.

Teknik penanaman

Advertisement

Lingkungan yang dapat dijadikan syarat tumbuh tanaman jambu air ini yaitu lingkungan yang memiliki suhu tropis dan daerah yang berdataran rendah. Lingkungan yang memiliki kelembapan yang tinggi itu sangat membantu perkembang biakan tanaman jambu air.

Tetapi tanaman jambu air ini tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung, dikarenakan sinar matahari dapat menyerap air yang ada di dalam daging buah jambu air tersebut.

Tabulampot jambu air ini sangat bagus apabila di tanam di tempat lahan yang berlempung pasir, tidak pada lahan yang gambut. Penanaman tabulampot jambu air ini jika sebelum masa panen sudah terkena sinar matahari secara langsung, maka buah yang dihasilkan nantinya tidak akan manis.

Memilih bibit

Pemilihan bibit yang berkualitas unggul itu sangat di pentingkan. Karena bibit merupakan awal dari kesuksesan dari tanaman tersebut. Yang terpenting dalam pemilihan bibit yaitu bibit harus terbebas dari hama dan penyakit yang menyerang.

Sebenarnya, penanaman jambu air di dalam pot itu tidak di perbolehkan. Tetapi jika anda ingin mencobanya, berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan.

  • Sediakan pot bekas yang berukuran besar,
  • Biarkan lubang yang berada di bawah pot, karena lubang dapat mengeluarkan air bekas siraman.
  • Jangan lupa, beri penyangga berupa bambu untuk menahan apabila tanaman jambu air terkena tiupan angin kencang.
  • Setelah itu, berikan pupuk kandang, sekam bakar, dan tanah bakar dengan perbandingan yang sama banyaknya. Lalu siram menggunakan air yang telah di campurkan zat yang mengandung kesuburan tanah.
Advertisement
Teknik Menanam Jambu Air Dalam Pot lebat | Penulis | 4.5