Teknik Menanam Cabai di Musim Hujan

Teknik menanam cabai di musim hujan – Musim hujan merupakan musim yang sangat di takuti bagi para petani. Karena pada saat musim hujan, tanaman akan mudah rusak dan dapat mengalami gagal panen. Pada saat musim hujan tanaman cabai akan tergenang sehingga batang tanaman akan mudah membusuk dan dapat menyebabkan kematian.

Maka dari itu agar tanaman tidak tergenang air dan rusak pada saat musim penghujan, maka petani akan membuat trik tersendiri agar tanaman tersebut tidak rusak.Teknik Menanam Cabai di Musim Hujan

Advertisement

Teknik yang di lakukan tidak jauh berbeda dengan cara yang di lakukan ketika tanaman sedang dalam menghadapi musim kemarau.

Waktu Tepat Menanam Cabau Musim Hujan

Biasanya petani sudah mengetahui kapan saja musim hujan akan tiba. Musim hujan tersebut biasanya baru akan tiba dari bulan Oktober hingga bulan april. Maka dari itu para petani sudah mempersiapkan hal-hal yang di butuhkan pada saat musim penghujan tiba.

Persiapan tersebut dapat berupa seperti, memindahkan tanaman cabai di tempat yang lebih tinggi. Jika tanaman di pindahkan ke tempat yang lebih tinggi, maka tanaman tidak akan mengalami kebanjiran. Karena tanah yang ada pada tanaman sudah lebih tinggi dari yang sebelumnya.

Advertisement

Bukan hanya itu saja, kita juga harus memasang tenda di atas tanaman cabai tersebut. Fungsinya agar tanaman tidak mengalami genangan air lagi.

Tenda atau atap yang di buat harus dalam keadaan yang kokoh, agar ketika angin berhembus kencang tenda atau atap tersebut tidak mudah roboh atau runtuh.

Lahan yang ada di masing-masing tempat berbeda-beda, ada yang tahan dengan genangan air dan ada yang tidak. Maka dari itu, kita harus melakukan teknik agar lahan tempat lokasi penanaman tidak mudah rusak akibat genangan air hujan.

Bulan Musim Penghujan Untuk nanam Cabai

Jika kita sudah mengetahui bahwa pada bulan oktober hingga bulan april akan terjadi musim hujan, dan kita tetap melakukan penanaman.

Maka kita harus menanggung resiko yang akan terjadi pada tanaman yang kita tanaman tersebut. Jarang sekali pada saat musim hujan tanaman bisa memanen dengan buah yang bagus.

Maka dari itu, jika kita sudah mengetahui bahwa bulan tersebut akan mengalami musim penghujan yang berkepanjangan, maka sebaiknya kita tidak usha melakukan penanaman.

Jika kita tetap memaksa, maka kegagalan panen akan menghampiri dan sebagian kecil saja pemanenan dapat di lakukan, itu pun dengan buah yang tidak terlalu banyak.

Tetapi jika lokasi tempat penanaman sudah di pindahkan ke tempat yang lebih aman. Maka kemungkinan besar tanaman tersebut tidak mengalami kegagalan panen.

Jika lokasi penanaman sudah di pindahkan ke tempat yang lebih tinggi, maka perawatan yang khusus harus di terapkan.

Sebaiknya penyiraman jangan di lakukan terlebih dahulu, agar tanaman tidak terlalu stres dan dapat menimbulkan kematian pada tanaman yang kita tanam. Teknik ini tidak hanya di terapkan pada tanaman cabai saja, tanaman lain juga bisa menggunakan teknik seperti ini.

Advertisement
Teknik Menanam Cabai di Musim Hujan | Penulis | 4.5