Teknik Menanam Cabai di Lahan Yang Kering

Teknik menanam cabai di lahan yang kering – Ada banyak teknik yang di gunakan dalam melakukan penanaman cabai yang tidak banyak kita ketahui sebelumnya. Berbagai macam teknik ini di lakukan hanya untuk perkembangan tanaman tersebut.

Apalagi pada tanaman cabai ini, jenis rentan terhadap serangan penyakit. Maka dari itu kita perlu melakukan terknik penanaman yang terbaik.

Advertisement

Pada saat ini kita akan membahas tentang teknik menanam cabai di lahan yang kering. Sebenarnya tanaman cabai ini dapat tumbuh di tempat lokasi mana saja, asalkan tempat tersebut memiliki tingkat kesuburan yang tinggi. Sudah di pastikan tanaman tersebut akan tumbuh dengan baik.Teknik Menanam Cabai di Lahan Yang Kering

Jenis Cabai Cocok Untuk tanah kering

Jenis tanaman cabai ini cocok jika di tanam di lokasi mana pun juga. Tetapi jika tanaman cabai di tanam pada lokasi lahan yang kering, maka akan berdampak buruk terhadap buah yang akan di hasilkannya nanti.

Jika lahan tempat penanaman memiliki kekeringan yang tinggi, maka kita harus mengatasinya dengan teknik-teknik yang sesuai dengan jenis tanamannya.

Teknik yang di lakukan dalam mengatasi kekeringan pada lahan tanaman cabai harus di lakukan dengan baik dan benar.

Kekeringan pasti akan terjadi pada setiap lahan tanaman, jika kekeringan ini terus-menerus terjadi bukan hanya tanaman cabai saja yang mengalami kematian, bahkan tanaman lain juga akan merasakan hal yang sama.

Advertisement

Syarat tumbuh Tanaman cabai

Untuk tanaman cabai ini sendiri harus di tempatkan pada tanah yang subur dan gembur. Jika kita sudah mengetahui bahwa musim kemarau atau musim hujan akan segera tiba, maka kita harus secepatnya memindahkan tanaman tersebut di tempat yang lebih aman.

Pengolahan tanah Sebelum menanam bibit

Sebelum melakukan penanaman, ada baiknya jika kita melakukan pengolahan tanah terlebih dahulu. Pengolahan tanah ini dapat berupa seperti,

  • melakukan pencangkulan,
  • melakukan penyiangan,
  • mencampurkan tanah dengan pupuk kandang dan campuran kapur dolomit
  • dan melakukan penyiraman tanah yang kering dengan menggunakan air yang bersih.

Trik Menyemai Benih Cabai

Setelah kita melakukan pengolahan pada tanah yang akan di tanam, maka selanjutnya yang akan kita lakukan ialah persemaian bibit tanaman. Persemaian ini di lakukan di atas tanah yang sudah di olah sebelumnya, tetapi sebelum penyemaian bibit tanaman di lakukan.

Seperti biasanya, kita harus memasang mulsa plastik hitam agar bibit yang di tanam tidak mudah rusak.

Agar persemaian ini berhasil tanpa adanya gangguan hama dan penyakit, maka hal yang harus kita lakukan ialah penutupan pada area lokasi penanaman tersebut.

Pemeliharaan Bibit cabai setelah tanam

Setelah tanaman cabai tumbuh membesar, barulah kita dapat melakukan pemeliharaan. Pemeliharaan ini harus di lakukan secara intensif agar hasil akhirnya tidak mengecewakan.

Pemeliharaan ini dapat berupa seperti, melakukan pemupukan, melakukan penyiraman, melakukan penyiangan, melakukan pemangkasan. Biasanya pupuk yang di berikan pada tanaman cabai ini harus berusia 30 hari setelah di lakukannya pemindahan tempat lokasi penanaman.

Advertisement
Teknik Menanam Cabai di Lahan Yang Kering | Penulis | 4.5