Teknik Menanam Budidaya Tanaman Brokoli

Teknik Menanam Budidaya Tanaman Brokoli – Cara budidaya Brokoli ini juga merupakan suatu jenis tanaman sayur yang paling sering sekali di jumpai di sekitar area pekarangan rumah. Untuk jenis tanaman yang satu ini biasanya sangat mudah sekali untuk di tanam di lokasi mana pun kita berada.

Biasanya untuk jenis tanaman ini tidak terlalu membutuhkan persyaratan tumbuh yang terlalu berlebihan. Hanya saja jenis tanaman ini membutuhkan tempat tumbuh yang memiliki suhu udara yang dingin dan lembab. Sehingga untuk jenis tanaman yang satu ini hanya cocok apabila di tanam di daerah berdataran tinggi.Teknik Menanam Bududaya Tanaman Brokoli

Advertisement

Teknik Menanam Budidaya Tanaman Brokoli

Seperti yang telah kita ketahui bahwa jenis tanaman yang satu ini sangat menyukai daerah yang dingin dan lembab. Sehingga kita bisa melakukan penanaman pada awal musim penghujanan, karena awal musim penghujanan ini memang sangat cocok apabila di tanami sayuran brokoli ini.

Benih brokoli unggul

Untuk jenis benih yang di gunakan pada tanaman brokoli ini dapat kita temui di toko-toko pertanian di dekat tempat tinggal kita.

Persiapan lahan 

Sebelum melakukan penanaman, ada baiknya jika melakukan persiapan lahan yang akan di gunakan nantinya. Untuk jenis tanaman brokoli ini biasanya tidak bisa di tanam di lahan yang sembarangan, maka dari itu sebelum melakukan proses penanaman kita harus memilih lahan yang akan di gunakan ini.simak juga Teknik Budidaya Jamur Merang Dan jamu Kayu

Advertisement

Jika lahan yang akan di gunakan tersebut bekas melakukan penanaman lainnya, maka kita harus melakukan pembersihan lahan hingga lahan yang akan di tanam tersebut benar-benar bersih.

Pupuk terbaik untuk brokoli

Setelah lahan yang akan di gunakan benar-benar siap untuk di gunakan, tahap selanjutnya ialah melakukan persemaian. Setelah persemaian selesai di lakukan, maka tahap yang harus di lakukan selanjutnya ialah melakukan pemupukan. Pemupukan ini biasanya dapat di lakukan sekitar 3 minggu sekali.

Pupuk yang di berikan pada tanaman ini pun tidak terlalu sulit untuk di dapatkan. Pupuk yang di gunakan tersebut antara lain seperti pupuk kompos dan pupuk kandang.

Tetapi untuk jenis pupuk kandang ini tidak boleh di berikan terlalu berlebihan, karena pada dasarnya jenis pupuk kandang ini bersifat panas, sehingga tidak boleh jika di berikan terlalu berlebihan pada tanaman brokoli ini.

Pemeliharaan tanaman sayur brokoli

Untuk pemeliharaan tanaman brokoli ini biasanya sama seperti kita melakukan pemeliharaan pada tanaman lainnya. Pemeliharaan yang di lakukan tersebut seperti melakukan penyiraman, pemupukan, dan penyiangan. Agar tanaman ini terhindar dari hama dan penyakit, maka ada baiknya jika kita melakukan pemeliharaan ini dengan baik dan benar.

Pemanenan Brokoli

Untuk jenis tanaman brokoli ini baru dapat di katakan panen ketika tanaman tersebut telah menunjukkan tanda-tanda siap di petik. Seperti warna tanaman yang telah berubah dan umur tanaman yang telah memasuki masa panen.

Jika kita tidak ingin menjual brokoli ini dengan cepat, sebaiknya jangan di lakukan pemanenan terlebih dahulu. Karena seperti yang telah kita ketahui bahwa untuk jenis tanaman brokoli ini cepat sekali mengalami kelayuan.sekian dan baca juga Teknik Budidaya Menanam Bayam Dipekarangan

Advertisement
Teknik Menanam Budidaya Tanaman Brokoli | Penulis | 4.5