Teknik Membuat Berbagai Warna Bunga Euphorbia

Teknik membuat berbagai warna bunga euphorbia-Tanaman hias euphorbia yang memiliki ragam bunga dalam satu tanaman merupakan suatu keindahan tersendiri bagi tanaman tersebut. Para hobiis tanaman ini berlomba-lomba untuk mempercantik tanaman ini dengan cara membuat ragam warna.

Jika ingin membuat ragam warna, maka hal yang harus kita lakukan ialah menyambungkan batang tanaman euphorbia dengan batang tanaman euphorbia yang memiliki warna yang berbeda.

Advertisement

Agar mendapat kan hasil yang maksimal, hal yang perlu kita perhatikan ialah pada saat pemilihan batang yang akan di sambungkan ke tanaman tersebut. Penyambungan yang dilakukan pada tanaman ini harus berasal dari tanaman yang sehat.Teknik Membuat Berbagai Warna Bunga Euphorbia

Untuk membuat ragam warna bunga, kita harus menggunakan batang tanaman yang berukuran besar dan kuat agar pada saat proses penyambungan batang tidak akan layu.

Batang yang masih kecil juga bisa di jadikan untuk membuat ragam warna bunga, tetapi hasil akhirnya pasti tidak akan bagus.

Advertisement

Diameter pada batang yang di gunakan untuk membuat ragam warna bunga yaitu 7-9 cm. Batang atas yang akan di sambung kan harus memiliki ketinggian 20 cm. Berikut ini merupakan cara untuk melakukan ragam warna bunga dalam satu tanaman :

  • Hal pertama, kita harus menyediakan batang yang akan disambungkan. Daun yang berada pada batang tanaman tidak boleh di pangkas. Jika daun pada batang di pangkas, maka proses pembungaan akan terganggu.
  • Selanjutnya, yang harus kita lakukan memotong batang yang akan dilakukan penyambungan. Pemotongan pada batang harus menggunakan pisau yang steril. Pemotongan juga harus mengikuti proses yang sudah ditentukan.
  • Setelah itu, kita juga harus menyambung kan entres menggunakan tali pelastik. Entres harus lebih tinggi dari pada batang yang akan di sambungkan.
  • Selanjutnya, sambungkan batang bawah yang telah di potong, penyambungan harus dilakukan dengan hati-hati. Posisi batang harus sama atau sejajar. Kemudian ikat sambungan dengan tali pelastik. Setelah diikat tanaman bisa di bungkus di dalam pelastik sampai tiba waktu nya.
  • Setelah bunga mulai bermekaran, baru lah buka pelastik tersebut. Kemudian jemur tanaman di terik mata hari, agar mendapatkan penyinaran yang cukup.
Advertisement
Teknik Membuat Berbagai Warna Bunga Euphorbia | Penulis | 4.5