Teknik Cara Menanam Bibit Anggrek plantlet

Teknik Cara Menanam Bibit Anggrek plantlet – Sebelum kita melakukan penanaman pada plantlet, ada baiknya kita mengeluarkan plantlet tersebut dari botol yang di gunakan untuk bibit tadi. Cara mengeluarkannya harus dengan baik dan benar, agar tanaman tersebut tidak rusak ketika di keluarkan nantinya.

Ketika kita mengeluarkan plantlet dari botol, jangan biarkan botol tersebut terpecahkan. Karena jika botol tersebut sampai pecah, maka plantlet yang ada di dalamnya pun akan rusak.

Advertisement

Jika plantlet rusak hanya di karenakan botol pecah, maka itu akan sangat merugikan bagi si penanaman plantlet tersebut.Teknik Cara Menanam Bibit Anggrek plantlet

Teknik Cara Menanam Bibit Anggrek plantlet

Berikut ini merupakan cara mengeluarkan plantlet yang ada di dalam botol, jika ingin mengetahuinya lihatlah di bawah ini :

  • Di rendam dengan larutan fungisida
  • Di keluarkan dengan pinset
  • Di cuci dengan air bersih
  • Dan diisi dengan air

Cara yang paling mudah di atas ialah diisi dengan air. Plantlet yang berada di dalam botol dalam jangka waktu yang sudah lama, pastinya akan terasa kering sehingga jika kita memasukkan air di dalamnya di pastikan plantlet tersebut akan dengan mudah keluar dari botol tersebut.

Baca Juga:Memilih dan Merawat Bibit Anggrek Unggul

Tetapi air yang diisi pada plantlet tersebut tidak boleh terlalu banyak atau terlalu penuh. Jika air yang di masukkan terlalu berlebihan, maka plantlet yang ada di dalam botol akan tenggelam dan dapat mengakibatkan pembusukan pada plantlet tersebut.

Advertisement

Setelah plantlet keluar dari dalam botol, maka hal selanjutnya yang harus di lakukan ialah mengeringkan plantlet tersebut. Setelah di rasa sudah kering, plantlet tersebut bisa langsung di tanam di dalam kompot. Kompot ini merupakan jenis pot pelastik biasa yang keberadaannya sangat mudah di dapatkan.

Kompot yang harus di sediakan harus lebih lebar dari plantlet yang di sediakan. Karena semakin lebar kompot yang di sediakan, akan semakin bagus pula.

Baca Juga:Memilih dan Merawat Bibit Anggrek Unggul

Bukan hanya itu, sebelum melakukan penanaman, ada baiknya kita menyediakan media tanam yang akan di gunakan. Media tanam yang di maksud tersebut hampir sama dengan media tanam yang di gunakan pada umumnya.

Merawat Tanaman Anggrek plantlet

Setelah penanaman selesai di lakukan, hal yang selanjutnya kita lakukan ialah melakukan proses perawatan plantlet. Plantlet yang baru di tanam harus di rawat dengan cara yang khusus.

Perawatan tersebut seperti melakukan penyiraman, pemupukan secara tepat, dan menghindarkan tanaman dari hama dan penyakit.

Selain itu, meletakkan tanaman di tempat yang teduh dan lembab itu juga merupakan salah satu perawatan juga.

Karena, plantlet yang baru di tanam tidak boleh di biarkan terkena sinar matahari secara langsung. Karena jika di biarkan maka akan sangat tidak baik untuk plantlet tersebut.

Jika di rasa kompot tersebut sudah tidak layak lagi untuk perawatan plantplet, maka kita juga dapat memindahkannya ke dalam pot individu.

Baca Juga:Memilih dan Merawat Bibit Anggrek Unggul

Biasanya tanaman yang di pindahkan ke dalam pot individu, yaitu ketika tanaman telah mencapai usia 8 bulan.Demikian sedikit penjelasan tentangĀ Teknik Cara Menanam Bibit Anggrek plantlet semoga berguna dan bermanfaat bagi anda..

Advertisement
Teknik Cara Menanam Bibit Anggrek plantlet | Penulis | 4.5