Teknik Budidaya Menanam Sayuran Oyong Gambas

Teknik Budidaya Menanam Sayuran Oyong Gambas – Tanaman oyong atau Gambas ini merupakan jenis tanaman yang paling banyak di cari oleh masyarakat. Karena jenis tanaman oyong ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Seperti dapat di jadikan sebagai olahan masakan atau juga dapat di olah menjadi obat-obatan.

Sebutan lain dari tanaman oyong ini ialah sayur gambas, biasanya masyarakat di sini sering menyebutnya dengan nama sayur gambas. Untuk jenis tanaman yang satu ini biasanya sangat mudah dalam melakukan proses penanamannya, karena jenis tanaman ini dapat di tanam di mana pun saja.

Advertisement

Untuk jenis tanaman oyong ini hanya dapat di tanam sekali panen saja. Bukan hanya itu saja, tanaman oyong ini juga dapat di tanam di sekitar pekarangan rumah kita. Melakukan penanaman oyong di sekitar pekarangan rumah akan dapat membuat pekarangan rumah semakin indah dan juga semakin hijau.Teknik Budidaya Menanam Sayuran Oyong Gambas

Teknik Budidaya Menanam Sayuran Oyong Gambas

Memperindah pekarangan rumah bukan hanya dapat di lakukan dengan menggunakan tanaman hias, memperindah pekarangan rumah ini juga dapat di lakukan dengan menggunakan tanaman oyong.Baca juga Menanam Budidaya Kubis Bunga Kusus Pemula

Pengolahan tanah Gambas

Sebelum melakukan penanaman, ada baiknya jika kita melakukan pengolahan tanah terlebih dahulu. Pengolahan tanah ini dapat di lakukan seperti membuat bedengan, membuat lubang tanam, dan membuat gundulan atau melakukan penggemburan pada tanah yang akan kita tanami.

Advertisement

Pencangkulan pada tanah yang akan di gunakan sebagai tempat penanaman ini harus di lakukan dengan sebaik mungkin. Jika pencangkulan ini tidak di lakukan sebaik mungkin, maka tanah tersebut tidak akan mengalami kesuburan.

Penanaman dan pemupukan Oyong/Gambas

Benih yang akan di tanam ini harus langsung di tanam, karena benih yang habis di rendam tersebut tidak boleh di biarkan terlalu lama pada tempat yang terbuka, sehingga benih tersebut harus langsung di tanam pada tanah yang telah di sediakan tersebut.

Biasanya pada saat penanaman ini harus di tanam 3-5 benih tanaman di dalam satu lubang. Jika hanya 2-3 takutnya benih yang di tanam tersebut akan gagal, sehingga penanaman yang telah di lakukan tersebut akan sia-sia saja.

Untuk jenis tanaman yang satu ini, biasanya menggunakan pupuk kandang dan pupuk buatan NPK. Jika kita ingin memberikan pupuk, maka sebaiknya pemberian tersebut harus berdasarkan dosis yang berlaku. Untuk pemupukan ini sebaiknya di lakukan selama 14 minggu sekali.

Pemeliharaan Harian

Biasanya untuk jenis tanaman oyong ini biasanya pemeliharaannya sangat mudah untuk di lakukan. Pemeliharaan yang di lakukan tersebut seperti melakukan penyiraman, pemupukan dan penyiangan.

Masa Umur Panen Oyong 

Masa panen ini merupakan waktu yang sangat di tunggu-tunggu oleh para petani. Untuk jenis tanaman ini biasanya dapat di panen sekitar satu tahun sekali. Setelah satu kali masa panen, tanaman ini tidak dapat di tanam lagi, karena pada dasarnya jenis tanaman yang satu ini hanya dapat di tanam satu kali panen saja.

Mungkin hanya ini saja teknik serta cara menanam dan budidaya oyong atau biasa di sebut gambas ini.semoga bisa berguna dan bermanfaat.jangan lupa baca juga Budidaya Menanam Labu Siam Dilingkungan Rumah

Advertisement
Teknik Budidaya Menanam Sayuran Oyong Gambas | penulis penulis | 4.5