Teknik Budidaya Menanam Bayam Dipekarangan

Teknik Budidaya Menanam Bayam Dipekarangan – Tanaman bayam ini merupakan jenis tanaman yang paling banyak di cari oleh masyarakat luas. Karena bayam ini dapat di olah menjadi olahan masakan yang bernilai gizi yang sangat tinggi.

Tetapi untuk jenis tanaman sayur bayam ini tidak dapat di tanam di sembarang pekarangan rumah, hanya pekarangan rumah yang subur saja yang dapat menanam tanaman ini.

Advertisement

Biasanya untuk jenis tanaman sayur bayam ini memiliki dua macam jenis, yaitu bayam hijau dan bayam merah. Tetapi kedua sayur bayam tersebut sama-sama mengandung vitamin serta mineral yang dapat menambah stamina dalam tubuh kita.

Untuk jenis tanaman sayur bayam ini memiliki waktu panen yang sangat singkat, yaitu pada usia tanaman sudah mencapai 3 minggu tanaman ini langsung bisa di panen. Tetapi itu juga tergantung terhadap kondisi musim, jika hujan terus menerus dan kemarau berkepanjangan itu pastinya akan menghambat proses pemanenan pada tanaman bayam tersebut.Teknik Budidaya Menanam Bayam Dipekarangan

Teknik Budidaya Menanam Bayam Dipekarangan

Untuk jenis tanaman ini cocok untuk di tanam di mana saja, asalkan lokasi tempat penanaman memiliki tingkat kesuburan yang tinggi. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa jangan melakukan penanaman bayam pada waktu musim penghujan tiba, karena itu dapat membuat tanaman menjadi layu atau mati akibat tergenang air hujan.baca juga Mengenal sayur Organik Kaya Gizi Tinggi

Advertisement

Benih

Biasanya untuk benih yang di tanam pada tanaman sayur bayam ini sangat mudah untuk di dapatkan. Biasanya biji bayam yang di gunakan sebagai benih tanaman harus benih tanaman yang sudah berumur cukup tua. Karena pada dasarnya jenis benih tanaman yang masih muda belum bisa di jadikan sebagai benih.

Persiapan lahan, persemaian dan penanaman

Sebelum melakukan suatu penanaman, memang ada baiknya jika kita melakukan persiapan pada lahan yang akan kita gunakan untuk melakukan penanaman nantinya. Biasanya untuk mempersiapkan lahan penanaman ini sama seperti saat kita melakukan persiapan lahan pada jenis tanaman lainnya. Seperti membuat bedengan, memberikan pupuk kandang pada bedengan tersebut.

Pemeliharaan

Setelah kita selesai melakukan persiapan lahan dan melakukan persemaian, barulah tahap selanjutnya ialah melakukan pemeliharaan. Pemeliharaan pada tanaman sayur bayam ini tidak terlalu sulit dan juga tidak terlalu terfokus pada tanaman tersebut.

Pemeliharaan untuk jenis tanaman bayam ini yaitu berupa seperti melakukan pemupukan, penyiraman dan penyiangan. Pengairan merupakan jenis pemeliharaan yang sangat sekali di terapkan, karena tanpa adanya pengairan yang rutin tanaman ini tidak akan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Panen

Panen merupakan sesuatu hal yang sangat di tunggu-tunggu oleh para petani bayam, karena pada saat penanaman tersebut petani akan mengetahui apakah hasil panennya tersebut mendapatkan keuntungan atau malah sebaliknya.

Biasanya untuk jenis tanaman bayam ini baru dapat di panen ketika tanaman tersebut telah memasuki usia 3 minggu setelah melalui tahap penanaman.demikian baca juga Teknik Budidaya Jamur Merang Dan jamu Kayu

Advertisement
Teknik Budidaya Menanam Bayam Dipekarangan | Penulis | 4.5