Tahap Serta Proses Pembibitan Cabai Semai

Tahap serta pembibitan cabai semai – Pembibitan merupakan sesuatu yang harus dilakukan dengan cara yang baik. Karena bibit inilah penentu tanaman cabai dapat tumbuh dengan baik atau tidak.

Jika benih di rawat dengan baik hingga menjadi bibit, maka pada akhirnya tanaman cabai tersebut akan tumbuh dengan baik.

Advertisement

Kita bisa melakukan pembibitan dengan menggunakan cara yang sederhana, seperti menggunakan polybag atau pada pot.Tahap Serta Proses Pembibitan Cabai Semai

Pembibitan ini di lakukan dengan cara yang biasa di lakukan oleh kebanyakan orang. Bibit yang akan di tanam tersebut tidak mesti dari golongan bibit yang unggul atau yang mahal.

Karena jika bibit tersebut berasal dari golongan bibit yang unggul atau bibit yang mahal dan jika apabila kita tidak pandai dalam merawatnya itu akan percuma saja.

Advertisement

Kualitas Asa Usul Bibit Cabai

Walaupun bibit tersebut berasal dari golongan yang biasa saja, tetapi jika perawatannya di lakukan dengan cara yang baik, maka hasilnya pun akan tidak kalah dengan bibit yang berasal dari unggulan.

Untuk melakukan pembibitan pada tanaman cabai ini, harus menggunakan media tanam yang steril. Pupuk yang di campurkan pun harus berasal dari pupuk organik, jangan sekali-kali mencampurkan bibit dengan pupuk berbahan kimia, karena bibit akan mudah rusak sebelum waktunya.

Pupuk yang akan di berikan pada bibit tanaman ini harus sesuai dengan perbandingan, yaitu 2 : 1 dari media tanam yang ada.

Ketika kita melakukan penyiraman pada bibit tanaman, air yang di gunakan tersebut harus berasal dari air hujan. Karena air hujan ini masih bersifat alami, sehingga aman jika di gunakan dalam melakukan penyiraman pada bibitĀ  tanaman cabai.

Proses pembibitan Cabai unggul.

Dalam proses pembibitan, penyiraman pun harus di lakukan 2 kali dalam satu hari, yaitu pada waktu pagi dan sore. Setelah bibit mulai membesar, barulah kita melakukan penyiraman dengan normal, yaitu satu kali dalam sehari.

Jika bibit tanaman tersebut sudah mulai membesar dan berubah menjadi tanaman dewasa. Maka kita harus mengganti wadah tanaman ke tempat wadah yang baru.

Pupuk dan penyiraman yang di berikan pun sudah berbeda, pemberian pupuk dan penyiraman tersebut juga harus sesuai dengan takarannya yang baru.

Advertisement
Tahap Serta Proses Pembibitan Cabai Semai | penulis penulis | 4.5