Stres Air Serta Perawatan Tanaman Buah Mangga Pot

Tujuan diadakan pemeliharaan pada budidaya tanaman mangga agar tanaman mangga tersebut tumbuh subur sesuai dengan yang diharapkan, Pemeliharaan pada tanaman mangga bisa berupa seperti penyiraman, pemberian pupuk, di lakukan stres air serta perawatan tanaman buah mangga pot supaya cepat berbunga dan selanjutnya mangga tersebut berbunga.

Salah satu cara pemeliharaan tanaman mangga yaitu penyiraman, penyiraman yang dimaksud bukan sembarang menyiram saja, harus mengikuti tata caranya juga, seperti tidak boleh menyiram pada waktu siang hari, dikarenakan cuaca sangat terik dan bisa mengakibatkan tanaman akan mati.Stres Air Serta Perawatan Tanaman Buah Mangga Pot

Advertisement

Selain itu, jika penyiraman dilakukan dengan air yang terlalu banyak, bisa mengakibatkan akar membusuk dan mudah rapuh. Pada saat tanaman mangga berusia 3-5 tahun, anda tidak perlu melakukan penyiraman karena jika dilakukan penyiraman pasti akan menghambat pertumbuhan bunga yang baru.

Penyiraman pada tanaman mangga yang baru ditanam sampai berusia 3 tahun sebaiknya disiram 2 kali sehari yaitu pagi dan sore agar pertumbuhan nya bagus dan tidak layu, tetapi pada bulan tertentu seperti musim penghujan, kita tidak perlu menyiram tanaman tersebut karena sudah disirami air hujan.

Advertisement

Jika tindakan itu dilakukan menyebabkan suplai hara menjadi terhambat. Jika saja pengairan tidak tepat akan mengakibatkan oksigen berkurang dan sulit untuk menyerap hara, dan tanaman juga rentan terkena serangan hama dan penyakit,

Penyiraman tanaman mangga tidak boleh dihentikan pada saat sudah memasuki fase pembungaan, sehingga terjadinya stres air pada tanaman mangga yang mengakibatkan buah dan bunga menjadi rontok dan tidak dapat di panen.

Selain menyiram tanaman, juga dapat dilakukan pemangkasan pada tanaman yang tumbuh liar seperti benalu, agar tidak mengganggu tanaman mangga, selain itu kita juga bisa melakukan penyemprotan menggunakan pestisida supaya hama dan tanaman pengganggu lainnya mati.

Hal ini akan berpengaruh besarnya produksi yang dibutuhkan dan tanaman yang dapat kita tanam. Penyiraman tanaman yang tepat dilakukan menggunakan air sumur, bukan air Laut, agar tanaman tidak cepat mati.

Biasanya perlakuan stres air hanya dilakukan hingga tanaman tersebut menjadi layu, jika tanaman belum layu jangan hentikan stres air karena dapat mengakibatkan gagalnya panen. Dan jika tidak dilakukan stres air tanaman tersebut tidak akan tumbuh besar, melainkan menjadi kerdil.

Advertisement
Stres Air Serta Perawatan Tanaman Buah Mangga Pot | Penulis | 4.5