Strategi Pemasaran Buah Mangga Para Petani

Umumnya, para pembudidaya mangga memasarkan hasil panennya secara tebasan. Saluran pemasaran ketiga merupakan satu saluran dengan margin pemasaran.Sesuai judul di atas,Strategi pemasaran buah mangga para petani yang mungkin patut anda tiru jika selama ini mengalami kesulitan utuk menjual hasil budidaya mangga anda.

Agen merupakan pedagang yang paling banyak menerima menguntungkan, karena agen mangga banyak menanggung risiko kerusakan mangga, jika buah mangga rusak atau busuk agen mangga lah yang mendapatkan kerugiannya, karena dia lah yang menanggung semuanya.Strategi Pemasaran Buah Mangga Para Petani

Advertisement

Biasanya pembudidaya mangga tidak ada yang menggunakan sistem pemasaran, karena agar tidak repot dan tidak mendapatkan resiko besar, seperti terjadinya kerugian apabila buah mangga mengalami kerusakan. Namun, jika buah mangga yang mengalami kerusakan akan bernilai jual rendah sehingga mengalami kerugian yang besar.

Strategi pemasaran

Advertisement

Strategi pemasaran sangat penting dilakukan, ini harus pandai-pandai kita bagaimana cara pengakalan agar strateginya berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, harus dilakukan upaya memasarkan buah secara baik agar margin medapatkan keuntungan yang besar.

Wisata kebun

Di tempat ini kita juga dapat menjual buah mangga dengan cepat dan sangat menguntungkan. Tetapi, terdapat banyak risiko yang terjadi bila kita melakukan wisata kebun ini, dikarenakan pengunjung tanaman mangga boleh menanam mangga dengan sendirinya di kebun mangga tersebut.

Sehingga, jika pengunjung melakukan kesalahan dalam menanam mangga atau pengunjung tidak sengaja menginjak bibit mangga yang telah di tanam kita akan mendapatkan banyak kerugian. Karena itu kita harus pandai-pandai menjelaskan kepada pengunjung agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Delievery order

Delievery order termasuk penjualan dengan melakukan pelayanan antar.  Model ini di terapkan agar pelanggan tidak merasa kebingungan mencari mangga, tinggal telepon saja mangga sudah di antar ke rumah. Tetapi, sistem ini banyak mengeluarkan biaya yang tinggi, tidak seperti kika membeli di pasaran  karena penjual harus mengantarkan ke alamat pelanggan.

Jual di lokasi

Penjualan dilokasi ini dilakukan di kebung mangga sendiri. Cara ini banyak mendapatkan keuntungan yang besar, dikarenakan pedagang tidak memikirkan biaya sewa tempat berjualan, tempatnya sudah tersedia sendiri di kebun tersebut.

Penjualan dengan sistem ini harus pandai-pandai pedagang untuk mempromosikan buahnya, karena di kebun tersebut, tidak banyak terdapat banyak pemungkiman warga.

Advertisement
Strategi Pemasaran Buah Mangga Para Petani | Penulis | 4.5