Stek Batang Dan Pemisahan Anakan Bunga Aglaonema

Sri rejeki nama lain sebutan dari bunga aglaonema.tanaman hias jenis ini cukup banyak juga orang yang mencari untuk sekedar di budidayakan.harga yang di tawarkan untuk bibit bunga aglaonema juga cukup beragam,dari 50 sampai dengan 300 ratus ribu rupiah..waoo harga yang sangat fantastis bisa untuk mendongkarak perekonomian pembibitnya.

Stek batang dan pemisahan anakan bunga anglaonema cukup mudah kita lakukan,bahkan orang awam sekalipun bisa untuk melakukanya tanpa harus kursus dan mengikuti pelatihan kusus sebelumnya.akan tetapi,tak jarang orang mengalami kegagalan untuk melakukan stek batangserta pemisahan anakanya.umunya mereka belum mengetahui cara yang benar serta trik yang harus di lakukanya.

Advertisement

Di bawah ini akan kami jelaskan cara stek batang dan pemisahan anakan bunga anglaonema serta cara yang benar memisahkan anakan jenis bunga ini untuk memecahkan masalah kususnya bagi anda yang sering mengalami kegagalan dalam melakukan stek dan pemisahan anakan ini.berikut ulasanya..Stek Batang Dan Pemisahan Anakan Bunga Aglaonema

Cara stek Batang bunga Aglaonema.

  1. Yang pertama untuk anda siapkan adalah cari batang aglaonema yang berumur sedang,tidak tua dan tidak terlalu muda.carilah daun ke 5 dari pucuknya.
  2. potong menggunakan pisau batang aglaonema tersebut dengan cara agak miring.hal ini agar batang bawah aglaonema tidak mengalami pembusukan.
  3. Daun jangan di buang semua,bisa kita sisakan dua daun untuk merangsang pertumbuhanya kembali.
  4. Setelah kita potong,langsung clupkan atau olesi dengan pestisida.
  5. Untuk media tanamanya,gunakan campuran sekam dan arang bakar.
  6. Sebaiknya,ikat daun anglaonema tersebut.hal ini untuk menjaga agar bisa untuk mengurangai penguapan serta agar tidak goyang di terpa angin.
  7. Letakan di tempat teduh.
  8. Setelah 35 hari,buka pengikat daun tersebut,bunga anglaonema sudah siap untuk kita pindahkan ke pot yang lebih besar.

Tips.

Advertisement
  • Saat melakukan pemotongan batang aglaonema,gunakan pisau yang tajam serta steril.
  • Untuk media tanamnya juga harus steril,cara agar media tanaman tersebut steril,kita bisa merebusnya atau menyiram sekam dengan air yang telah mendidih.
  • Berikan rangsangan agar akar lebih cepat tumbuh dengan menggunakan  Liquinox sesuai dalam kemasan.
  • Siran tanaman secukupnya saja,bisa dua hari sekali.
  • Tempatkan di tempat teduh dan memiliki udara yang baik.

Selain melakukan pembibitan menggunakan stek batang,kita juga bisa dengan menggunakan pemisahan anakan.caranya adalah sebagai berikut.

Cara Pemisahan Anakan Aglaonema.

  1. Cari serta pilihlah indukan yang kita rasa sehat serta memiliki banyak anakan bergerombol di bawahnya.
  2. Potong anakan yang telah kita pilih secara perlahan,awas jangan sampai mengenai induknya.setelah siap di potong,olesi dengan perangsang akar agar bekas potongan bisa tumbuh degan baik kembali nantinya.
  3. olesi atau bisa di clupkan batang anakan tersebut ke dalam pestisida.hal ini untuk mencegah datangnya jamur serta infeksi pada tanaman.
  4. Tanam batang tanaman tersebut dengan menggunakan media tanam berupa campuran sekam bakar dengan coco peat perbadingan 4:2.
  5. Setelah siap,kita bisa meletakan tanaman tersebut di tempat yang teduh,memiliki sirkulasi udara yang baik.biasanya dalam 4 minggu,tanaman tersebut sudah mengeluarkan akar.

Tips.

  • Saat kita melakukan pemotongan,gunakan pisau tajam dan steril.
  • dalam 3 hari sekalai berikan pupuk untuk merangsang pertumbuhan akarnya.pupuk yang bisa kita berikan berupa Liquinox.

Mungkin itu saja tulisan untuk kali ini.semoga bisa berguna bagi sesama.

Advertisement
Stek Batang Dan Pemisahan Anakan Bunga Aglaonema | admin | 4.5