Setek Batang Dan Pembibitan Sirih Merah

Selain menjadi primadona tanaman hias.Tanaman hias sirih merah juga banyak mengandung kasiat,antara lain sebagai sarana pengobatan berbagai macam penyakit.di alam liar maupun yang sengaja di pelihara oleh para penghobi,tanaman sirih merah memiliki keunikan serta keindahan terutama dalam hal daunya.

Warna daun sirih merah sangat beragam,ada yang berwarna merah,hijau,hitam atau bahkan ada juga yang memiliki warna perak keemasan.cara setek batang dan pembibitan sirih merah bisa kita lakukan dengan cara setek batang merunduk.

Advertisement

Setek batang adalah slah satu faforit yang paling mudah untuk memperbanyak jenis tanaman sirih merah ini.sebab selain cara di atas,tanaman hias sirih merah akan sangat sulit untuk di kembangkan atau di budidaya.Setek Batang Dan Pembibitan Sirih Merah

Berikut ini cara setek batang dan pembibitan sirih merah yang bisa anda coba di rumah jika selama ini anda kesulitan untuk membudidayakan jenis tanaman ini.langkah yang pertama harus anda lakukan adalah.

Advertisement
  1. Cari dan siapkan tanaman induk sirih merah yang akan kita setek batang merunduk.
  2. Potong batang tanaman setiap ruasnya,usahakan tersisa satu daun saja.
  3. Setelah melakukan pemotongan,untuk mencegah bakteri dan busuknya batang saat penanaman,olesi bekas potongan dengan menggunakan larutan fungisida.
  4. Lalu setelah pengolesan,batang potongan tersebut sudah bisa kita tenaman dengan media tanaman Sekam bakar di campur arang.
  5. Untuk mencegah kelambapan,anda bisa mencungkup tanaman tersebut dengan menggunakan plastik bening trasparan.lakukan penyungkupan ini selama satu minggu.
  6. Jika kita rasa tanaman tersebut sudah mengeluarkan tunas baru serta perakaranya sudah terlihat sedikit kuat,kita bisa memindahkan tanaman tersebut pada pot yang lebih besar.agar pertumbuhannya tidak terganggu.

Tips.

  • Untuk masa penyetakan batang,s,ebaiknya jangan melakukan penyirram terlalu banyak,siram secukupnya satu hari sekali saja setiap pagi hari.
  • Ingat,penyiraman sebaiknya gunakan spayer saja,hal ini untuk menjaga batang tanaman agar tidak tergerus oleh air yang bisa mengakibatkan kegagalan dalam pengakaranya.

Selain dengan melakukan setek batang,tanaman hias sirih merah juga bisa kita perbanyak dengan cara Merunduk.berikut cara serta langkah yang harus anda tempuh.

  1. Cari indukan tanaman sirih merah yang memiliki salur panjang.
  2. Untuk media tanamnya,berupa sekam bakar dan campuran coco peat.
  3. Letakan saja batang sirih merah tersebut di atas media tanaman yang kita taruh dalam pot tersebut.
  4. Selanjutnya,agak cepat mengeluarkan akar,letakan tanaman tersebut di daerah teduh serta memiliki sirkulasi udara yang cukup.
  5. Setelah kira-kira satu bulan,sulur batang tanaman sirih merah tersebut sudah bisa kita potong untuk kita tanaman di pot kusus.

Nah itulah 2 cara setek batang dan pembibitan sirih merah baik yang melalui setek batang maupun dengan cara merunduk.somoga bisa berguna dan bermanfaat bagi banyak orang..

Advertisement
Setek Batang Dan Pembibitan Sirih Merah | admin | 4.5