Setek Batang Dan Cangkok Tanaman Bonsai

Setek batang dan cangkok tanaman bonsai-Setek batang merupakan jenis perbanyakan tanaman bonsai dengan cara yang sangat mudah. Setek batang ini hanya menggunakan batang tanaman saja.

Walaupun pengerjaan dari perbanyakan tanaman bonsai ini terbilang sangat mudah, kita juga harus melakukannya dengan hati-hati juga.

Advertisement

Karena batang ini jika tidak dilakukan dengan benar, maka batang tersebut akan mudah layu.Setek Batang Dan Cangkok Tanaman Bonsai

Jika ingin melakukan perbanyakan dengan cara setek batang, anda bisa melihat langkah-langkahnya. Berikut ini merupakan langkah-langkah setek batang:

  • Hal yang pertama yang harus kita lakukan ialah memilih jenis batang yang akan dijadikan setek batang. Batang yang akan dipilih ialah batang yang sudah keras dan  batang yang sudah tua. Untuk melakukan setek batang, batang yang masih muda tidak dapat digunakan karena batang tersebut masih lembut dan mudah patah.

  • Setelah itu, sediakan media tanam yang sudah dicampurkan pasir dan tanah yang lembab.

    Advertisement
  • Setelah semua media tanam telah disediakan, selanjutnya lakukan penanaman pada batang yang sudah dipilih tersebut.

  • Selama proses tersebut, letakkan tanaman setek batang di tempat yang terkena sinar matahari yang penuh.

Cangkok Tanaman Bonsai

Selain setek batang, perbanyakan tanaman bonsai juga dapat dilakukan dengan cara mencangkok. Cara pencangkokan ini sama seperti melakukan pencangkokan pada tanaman-tanaman  lain. Pencangkokan ini dilakukan pada batang tanaman yang sudah tua.

Tidak semua cabang pada tanaman dapat berhasil dicangkokkan. Berhasilnya atau tidak pada saat pencangkokan dapat dilihat pada waktu sebulan setelah dilakukannya pencangkokan.

Waktu yang pas untuk melakukan pencangkokan yaitu pada waktu malam hari. Karena pada waktu malam hari tanaman tidak banyak beraktifitas, sehingga sangat mudah dilakukan pencangkokan.

Untuk melakukan pencangkokan, kita harus menyayat bagian batang yang akan dilakukan pencangkokan, penyayatan harus dilakukan melingkari batang tanaman.Setek Batang Dan Cangkok Tanaman Bonsai

Kemudian lepaskan kulit batang yang telah disayat tersebut sampai kambium pada batang tanaman tersebut terlihat.

Selanjutnya, tunggu sayatan pada batang mengering. Setelah itu olesi bekas sayatan dengan zat kimia yang sudah disediakan.

Setelah itu, balut batang tersebut dengan menggunakan sabut kelapa dan dibungkus dengan karung bekas, kemudian diikat dengan tali pelastik. Hasilnya bisa kita lihat setelah sebulan yang akan datang.

Advertisement
Setek Batang Dan Cangkok Tanaman Bonsai | Penulis | 4.5