Pupuk Buah Rambutan Pot Agar Berbuah Lebat

Banyak ragam jenis pupuk untuk buah rambutan dalam pot,namun tidak semua pupuk tersebut mampu memberikan buah yang optimal sesuai keinginan.Pupuk buah rambutan pot agar berbuah lebat sebenarnya sangat mudah kita dapatkan,tidak perlu pupuk yang aneh-aneh,pupuk mahal,cukup menggunakan Pupuk NKP dengan dosis dan cara pemupukan yang benar mampu meningkatkan buah pada tanaman pot Rambutan tersebut..

Perawatan pada tanaman rambutan agar  dapat berbuah dengan lebat itu sangat di pentingkan. Perawatan tanaman tersebut berupa pemupukan, pemangkasan dan penyiraman.

Advertisement

Penyiraman sangat di perlukan agar  tanaman tidak mengalami kelayuan, pada saat musim penghujanan tanaman juga harus di siram, tetapi dengan ukuran air yang sedikit.Pupuk Buah Rambutan Pot Agar Berbuah Lebat

Pemupukan pada tanaman rambutan ini sebenarnya tidak terlalu penting, karena dengan melakukan penyiraman saja, tanaman rambutan sudah dapat tumbuh subur. Jika tetap ingin memberi pupuk pada tanaman rambutan, bisa diberikan pupuk NPK yang berbahan kimia dan campurkan pupuk kandang dengan ukuran yang sedikit.

Selain itu, perawatan yang harus dilakukan selanjutnya yaitu pemangkasan. Pemangkasan ini sangat penting dilakukan agar tanaman tidak berkembang tinggi. Sehingga pada saat pemanenan, buah sangat mudah di jangkau para pemanen.

Advertisement

Pemangkasan juga dilakukan pada saat tanaman terserang hama dan penyakit. Pemangkasan tersebut bertujuan untuk membuang hama dan penyakitnya.

Pengendalian hama dan penyakit

Pengendalian hama dan penyakit harus dilakukan untuk menjaga tanaman agar tetap hidup dengan subur dan sehat. Berikut ini merupakan pengendalian hama pada tanaman rambutan:

Kutu putih

Biasanya, kutu putih banyak menempel pada bagian daun tanaman rambutan. Kutu putih dapat merusak sistem pertumbuhan pada tanaman rambutan. Sehingga daun pada tanaman rambutan terlihat menghitam dan dapat mengakibatkan kelayuan. Cara mengatasinya cukup dengan menyemprotkan cairan pestisida pada bagian yang terserang kutu putih. Selain itu, kita juga dapat mengusir kutu putih dengan cara mendatang kan semut merah yang berukuran besar.

Ulat daun

Ulat daun biasanya dapat menyebabkan daun menjadi gundul dan kering. Ulat daun biasanya dapat juga dapat merusak dahan dan ranting. Cara mengatasi ulat daun ini cukup dengan cara membuat pengasapan yang mengandung racun.

Selain hama, tanaman rambutan juga dapat terserang penyakit. Penyakit pada tanaman rambutan yaitu sebagai berikut:

Busuk buah

Busuk buah ini biasanya disebabkan oleh lalat yang bertelur pada buah,sehingga buah mengalami pembusukan dan banyak yang berguguran.  Cara pengendaliannya sangat mudah, hanya dengan melakukan pemangkasan pada buah yang terkena penyakit busuk buah tersebut.

Jamur upas

Jamur upas ini dapat menimbulkan daun dan ranting menjadi layu dan mengering, jamur upas ini biasanya berasal dari bakteri yang menempel pada tanaman tersebut. Cara mengatasinya hanya dengan melakukan sanitasi kebun.

Advertisement
Pupuk Buah Rambutan Pot Agar Berbuah Lebat | Penulis | 4.5