Prospek Bisnis Budidaya Pepaya California Rumahan

Prospek Bisnis Budidaya Pepaya California Rumahan – Berbisnis buah pepaya california memang banyak keuntungan yang dapat kita peroleh. Selain mudahnya dalam proses pembudidayaan, pemasarannya pun juga tidak sulit. Yang terpenting kita tahu jenis pepaya apa yang saat ini tengah populer. Pembudidayaan pepaya yang tidak tengah populer tidak akan laku dipasaran.

Mengapa begitu? Karena konsumen tengah mencari pepaya yang tengah populer untuk dikonsumsi. Lantas, apa sajakah jenis pepaya yang tengah populer saat ini? Pepaya yang tengah populer dan tengah laku keras di pasaran adalah jenis pepaya yang berukuran mini. Salah satu pepaya yang berukuran mini adalah pepaya california.

Advertisement

Di Indonesia pun pepaya yang berukuran mini ini lah yang paling banyak dicari oleh konsumen. Berbisnis pepaya dengan ukuran kecil memang sangat menguntungkan. Kita akan mendapatkan hasil yang lebih jika pepaya yang kita jual sangat berkualitas. Apalagi jika pepaya california yang kita jual.

Pepaya california memang dikenal dengan pepaya yang memiliki ukuran yang mini. Pasar sangat membutuhkan pasokan pepaya mini ini. Apalagi pepaya california dapat tumbuh disepanjang tahun tanpa mengenal musim.

kelebihan pepaya california

Apabila pepaya jenis lain belum berbuah dan pasar mengalami kekurangan pasokan pepaya, maka kita bisa menjual pepaya ini ke pasar dan kita akan mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat.Tulisan terkait lain Cara Budidaya Menanam Tomat Pot Polybag

Prospek Bisnis Budidaya Pepaya California Rumahan

Berbisnis pepaya california memang sangat menjanjikan. Bahkan, dibandingkan dengan pepaya jenis lainnya, pepaya california memang mempunyai tempat tersendiri di pasaran. Bagaimanakah ciri-ciri dari pepaya california ini? Ciri-ciri dari pepaya california adalah memiliki bentuk buah yang silindris.

Rasa buah california ini sangat manis. Tingkat kemanisan bisa mencapai 10 hingga 11 kali dari pepaya pada umumnya. Pada saat masak, buah pepaya california akan berwarna merah jingga. Daging buah pepaya lebih tebal daripada pepaya laininya. Tekstur buah pepaya california ini termasuk keras.

Mengapa kebanyakan konsumen lebih memilih pepaya yang memiliki ukuran yang mini seperti pepaya california? Hal tersebut dikarenakan jika pepaya yang besar seperti pepaya bangkok membutuhkan sekitar 5 atau 6 orang untuk menghabiskannya. Berbeda dengan pepaya yang berukuran mini yang hanya bisa dimakan oleh satu orang saja dan akan habis setelah dimakan sehingga tidak ada sisanya lagi.

Kelebihan Budidaya pepaya california

Lain halnya dengan pepaya yang berukuran besar yang kadangkala sudah dimakan oleh 5 atau 6 orang belum habis juga. Dengan begitu, pepaya yang tidak habis terpaksa disimpan kembali. Sedangkan pepaya yang disimpan rasanya tidak enak lagi.

Prospek Bisnis Budidaya Pepaya California Rumahan

Selain itu, pepaya yang sudah tidak habis lalu disimpanjuga terkesan tidak higienis karena telah dipegang oleh beberapa tangan.Simak juga Mengoptimalkan Lahan Sempit Untuk Bertanam Sayur Rumahan

Selain itu, pepaya california juga mudah ketika dilakukan pengiriman. Tekstur buahnya yang keras membuat pepaya california ini tidak mudah pecah ketika dilakukan pengiriman. Pepaya california juga memiliki harga jual yang sangat tinggi di pasaran. Untuk satu kilogram pepaya california akan dihargai sekitar dua ribu lima ratus. Berbeda dengan pepaya lainnya yang harganya jauh lebih murah.

Advertisement

Cara pembibitan Pepaya california

Sebelum menanam tanaman pepaya california di tempat terbuka, terlebih dahulu tanaman pepaya california dilakukan pembibitan. Pembibitan dapat dilakukan dengan menggunakan biji. Namun, jika Anda ingin langsung menanam biji di tempat terbuka pun tidak apa-apa. Anda akan mengalami kemudahan karena tidak perlu memindahkan bibit dari tempat semula ke tempat penanaman yang sebenarnya.

Prospek Bisnis Budidaya Pepaya California Rumahan

Namun, apabila tanaman sudah besar, maka pepaya akan mudah sekali terserang hama penyakit. Disinilah Anda akan mengalami kesulitan. Berbeda dengan biji yang disemai terlebih dahulu. Bibit yang disemai terlebih dahulu tidak akan mengalami serangan hama penyakit karena daya tahannya lebih daripada bibit yang langsung ditanam di tempat terbuka.

Bagaimanakah cara menyemai biji tanaman pepaya california? Caranya adalah sebagai berikut.

Pembuatan benih Pepaya california Unggul

Sebelum menyemai biji, terlebih dahulu Anda harus membuat benih. Benih yang dibuat adalah berasal dari biji pepaya yang diambil dari pepaya yang telah masak pohon. Buah pepaya yang dipilih pun tidak boleh sembarangan. Pepaya yang dipilih haruslah memiliki ciri-ciri seperti tidak cacat, masak pohon, ukurannya besar, serta tidak ada bekas serangan hama penyakit.Baca juga Proses Pembenihan Tanaman Daun Bawang

Setelah mendapatkan bbuah pepaya yang sesuai untuk dijadikan sebagai benih, selanjutnya Anda bisa membuat benih sendiri. Cara membuat benih sendiri adalah sebagai berikut.

  1. Sediakan peralatan seperti pisau dan sendok makan.
  2. Potong pepaya sekitar satu per tiga dari pangkal pepaya.
  3. Biji yang ada di ujung pangkal pepaya kemudian diambil dua per tiganya.
  4. Setelah itu, belah menjadi dua bagian ujung pepaya secara melintang.
  5. Keluarkan biji yang ada di dalam pepaya tersebut dengan menggunakan sendok yang telah disediakan.
  6. Cuci biji yang telah dikeluarkan dengan menggunakan air bersih hingga kulit yang menyelubungi biji terbuang.
  7. Setelah kulit yang menyelubungi biji terbuang, selanjutnya biji dapat dikeringkan di tempat yang teduh.

Itulah cara membuat benih sendiri. Apabila Anda tidak ingin bersusah payah membuat benih sendiri, maka Anda bisa membeli benih pepaya di toko pertanian.

Penyimpanan benih pepaya california

Tidak selamanya benih yang sudah dibuat langsung dipakai. Pasti sebagian orang memilih untuk menyimpan benihnya terlebih dahulu sebelum dipakai. Menyimpan benih pepaya california tidak boleh sembarangan. Penyimpanan benih sangat mempengaruhi baik atau tidaknya benih tersebut.

Prospek Bisnis Budidaya Pepaya California Rumahan

Biji atau benih yang disimpan pun harus memiliki beberapa syarat. Syarat-syarat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Biji harus berukuran besar.
  2. Biji harus berasal dari buah yang cukup matang.
  3. Biji harus berasal dari buah yang berkualitas.
  4. Biji harus dalam keadaan utuh.
  5. Dan kadar air yang ada di dalam biji harus rendah.

Penyimpanan biji pepaya harus dilakukan di tempat yang sejuk. Atau bisa juga penyimpanan dapat dilakukan seperti di bawah ini.

  1. Siapkan abu dapur.
  2. Campurkan abu dapur dengan biji secara merata.
  3. Biji dapat disimpan di dalam botol.

Itulah cara menyimpan biji dengan benar baik untuk pepaya california maupun untuk jenis pepaya lain yang bisa anda lakukan.Mungkin hanya ini saja tulisan untuk malam ini mengenai Prospek Bisnis Budidaya Pepaya California Rumahan semoga bisa membantu dan berguna..Tulisan terkait Cara BudiDaya Bawang Merah Pot Rumahan Pemula

Advertisement
Prospek Bisnis Budidaya Pepaya California Rumahan | admin | 4.5