Perawatan Pasca Panen Tanaman cabai

Perawatan pasca panen tanaman cabai – Setelah masa panen habis, biasanya orang-orang menyebutnya dengan sebutan pasca panen. Pada waktu pasca panen tersebut, kita harus melakukan hal-hal seperti membersihkan lahan-lahan bekas penanaman yang kita lakukan sebelumnya.

Pasca panen ini juga bisa di manfaatkan bagi para petani tanaman untuk melakukan penyimpanan hasil tanaman yang mereka panen sebelumnya. Bukan itu saja, setelah pemanenan para petani tanaman juga dapat mengolah hasil tanaman yang telah di panennya.

Advertisement

Berikut ini merupakan cara pengolahan hasil pemanenan yang telah di lakukan sebelumnya. Jika ingin mengetahuinya lihatlah di bawah ini :Perawatan Pasca Panen Tanaman cabai

Pengeringan Pasca penen cabai

Setelah melalui masa panen yang cukup lama, selanjutnya kita dapat melakukan pengolahan hasil panen yang telah di dapatkan. Kita dapat melakukan pengolahan hasil panen dengan sesuka hati kita.

Pada saat ini kita akan membahas tentang olahan cabai yang telah kita panen. Cara pengolahannya dapat di lakukan dengan cara pengeringan.

Jenis pengeringan ini dapat kita lakukan dengan menjemur cabai-cabai hasil panen tersebut, di tempat yang memiliki suhu panas yang seimbang. Pengeringan ini di lakukan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Pengeringan juga dapat di lakukan dengan cara buatan.

Advertisement

Seperti meletakkan buah cabai ke dalam oven, atau kita dapat menggongseng cabai yang telah di panen tersebut. Mungkin cara melakukannya terlihat lebih gampang cara buatan di bandingkan dengan cara alami. Namun, rasanya sudah jelas berbeda, rasa cabai akan lebih enak bila di keringkan secara alamiah.

Biasanya cabai kering ini dapat di jual ke pengepul cabai dengan harga yang sangat tinggi. Maka dari itu para petani tidak bosan-bosan ingin melakukan pengeringan pada tanaman cabai yang baru di panen. Karena keuntungannya lebih banyak di bandingkan menjual cabai segar.

Kagunaan Cabai setelah di penen

Bukan hanya pengeringan cabai saja, para petani juga memanfaatkan hasil panen yang mereka petik. Pasca panen saat ini, para petani akan mengolah cabai hasil panenannya menjadi saus cabai merah. Sesuai dengan namanya, maka pada saat pembuatan saus cabai merah kita harus menggunakan cabai merah saja.

Jika kita mencampurkan sedikit cabai rawit atau cabai hijau, maka rasa saus cabai merah yang di buat akan memiliki rasa yang kurang enak. Untuk membuat saus cabai merah ini, maka kita harus memilih jenis cabai yang segar dan tidak rusak.

Cabai yang sudah di pilih tersebut harus di pisahkan dari tangkai-tangkainya. Setelah itu cuci cabai dengan bersih, agar kuman-kuman tidak menempel pada cabai yang akan kita konsumsi tersebut. Selanjutnya hal yang akan kita lakukan ialah mengukus cabai dengan suhu yang pas.

Setelah pengukusan selesai, kita bisa melakukan penghalusan pada cabai yang telah di kukus tersebut. Agar rasa saus cabainya semakin enak, maka kita bisa menambahkan bumbu pelengkap seperti bawang putih, bawang merah dan garam.

Setelah itu kita dapat melakukan pengemasan saus yang telah di buat. Jangan lupa pada saat pengemasan kita harus mencantumkan tanggal produksi dan waktu kadaluarsanya.

Advertisement
Perawatan Pasca Panen Tanaman cabai | Penulis | 4.5