Penyusuan Atau Menyambung Batang Tanaman Bonsai

Penyusuan atau menyambung batang tanaman bonsai-Ada banyak cara yang dilakukan untuk melakukan proses perbanyakan untuk jenis tanaman bonsai, salah satunya yaitu perbanyakan dengan cara penyusuan. Jenis perbanyakan dengan penyusuan ini sudah banyak dilakukan oleh orang-orang.

Karena proses perbanyakan dengan penyusuan ini tidak terlalu sulit dilakukan, tetapi tingkat keberhasilan dari proses penyusuan ini sangat lah sulit.

Advertisement

Jika melakukan peroses perbanyakan dengan cara penyusuan ini dilakukan dengan benar, maka akan hasil yang diperoleh tidak akan sulit.Penyusuan Atau Menyambung Batang Tanaman Bonsai

Selain dilakukan untuk proses perbanyakan, teknik penyusuan ini juga dapat dilakukan oleh kebanyakan orang untuk memperindah tanaman bonsai.

Proses penyusuan ini memiliki banyak manfaat bagi tanaman bonsai. Selain dapat memperbanyak tanaman dan memperindah bentuk tanaman, proses penyusuan ini dapat membuat tanaman bonsai berubah menjadi subur dan proses  pertumbuhan pada tanaman bonsai akan mengalami peningkatan.

Penyusuan ini merupakan proses penyambungan antara dua jenis tanaman bonsai yang dibuat menjadi satu.

Advertisement

Kedua tanaman bonsai ini digabungkan menjadi satu dengan cara penggabun pada batang tanaman tersebut. Penyusuan dapat dilakukan di mana saja, asalkan tidak dilakukan pada akar tanaman saja.

Untuk melakukan perbanyakan dengan teknik penyusunan, kita harus menyediakan dua jenis batang tanaman yang sama tetapi perbedaan hanya terdapat pada bunga tanaman saja.

Batang yang disediakan ini biasanya jenis batang yang sudah tua. Jika batang yang masih mudah digunakan untuk teknik penyusuan, dipastikan proses ini tidak akan berjalan dengan lancar.

Setelah kita menyediakan dua batang tanaman bonsai, proses selanjutnya ialah pemotongan pada bagian batang yang akan disambungkan. Pemotongan ini dilakukan pada batang tanaman, dan dilakukan untuk menghilangkan kulitnya saja.Penyusuan Atau Menyambung Batang Tanaman Bonsai

Kemudian satukan kedua batang yang sama tersebutdenganposisi yang sama, Setelah batang disatukan, lalu ikat batang dengan menggunakan tali pelastik, pengikatan harus dilakukan dengan kuat agar posisi kedua batang tersebut tidak berubah.

Setelah dilakukan pengikatan, hal yang selanjutnya harus dilakukan ialah pembalutan pada ikatan tersebut menggunakan kain bekas, dan diikat kembali dengan menggunakan tali pelastik. Selanjutnya, tinggal menunggu hasil jadinya saja. Ikatan dapat dibuka setelah sebulan berikutnya.

Advertisement
Penyusuan Atau Menyambung Batang Tanaman Bonsai | Penulis | 4.5