Penyiraman-pemupukan Serta Perawatan Buah Mangga

Penyiraman dan pemupukan sangat penting dilakukan karena ini sangat menunjang hidup dan matinya tanaman.jika kita melakukan penyiraman-pemupukan serta perawatan buah mangga secara rutin dan terjadwal,maka buah juga akan menunjukan kualitas yang sesuangguhnya.

Lakukan perawatan pada tanaman buah mangga secara rutin jika mengiginkan buah yang lebat rasa manis dan bisa berbuah sepanjang waktu,tak kenal musim.Penyiraman-pemupukan Serta Perawatan Buah Mangga

Advertisement

Penyiraman

Semua makhluk hidup sangat membutuhkan air, terutama tanaman, karena jika tidak adanya air untuk penyiraman maka tanaman tersebut lama-kelamaan akan mati. Sebab, air tersebut merupakan sumber kehidupan bagi tanaman.

Tetapi, jika terlalu kebanyakan menyiram tanaman, bukan berarti tanaman itu akan tumbuh segar, bahkan sebaliknya jika terlalu kebanyakan air tanaman tersebut akan layu, karena banyak terserang hama dan bakteri penyebab penyakit.

Penyiraman sebaiknya dilakukan pada setiap pagi dan sore, dan jangan pernah melakukan penyiraman pada siang tengah hari yang terik, karena itu bisa merusak tanaman. Jika kita melakukan penanaman dengan teratur dan baik, maka hasilnya akan bagus.

Pemupukan

Advertisement

Pada hakikatnya, selain penyiraman, pemupukan sangat diperlukan oleh tanaman mangga. Pada dasarnya pemupukan sebaiknya tidak dilakukan berlebihan begitu juga sebaliknya tidak boleh kekurangan. Biasanya pemupukan dilakukan sebelum dan sesudah dilakukannya penanaman.

Dari hasil survey yang pernah dilakukan, pemupukan harus di akhiri sesudah tanaman mengeluarkan buah, karena pemupukan sangat berpengaruh terhadap tingkat kesuburan dari buah tersebut.

Pupuk yang diketahui selama ini terbagi atas dua macam, yaitu:

Pupuk organik

Yang disebut dengan pupuk organik yaitu pupuk yang berasal dari makhluk hidup, seperti hal nya kotoran hewan, kotoran hewan sangat bagus jika digunakan sebagai pupuk, kotoran hewan seperti kambing, sapi, ayam dan lainnya sangat bagus dalam membantu menyuburkan berbagai macam jenis tanaman .

Selain didapat dari hewan, juga bisa didapat dari tumbuhan. Kadar protein yang terkandung di dalam pupuk kandang ini biasanya sangat tinggi sehingga kesuburannya akan meningkat.

Pupuk anorganik

Bahan dasar dari pembuatan pupuk anorganik yaitu seperti limbah yang berasal dari pabrik, dan pupuk tersebut biasanya mnengandung unsur nitrogen. Untuk itu, apabila tetap akan diberikan ke tanaman, tanaman tersebut hanya dapat memperpanjang masa hidupnya dengan fase vegetatif saja.

Di dalam pupuk anorganik juga terdapat pupuk tunggal dan pupuk majemuk. Dan biasanya apabila tanaman tersebut kekurangan unsur hara akan terlihat gejala penyakit.

Advertisement
Penyiraman-pemupukan Serta Perawatan Buah Mangga | penulis penulis | 4.5