Kapan waktu Untuk Penyiangan Batang Bonsai

Tanaman bonsai sangat rentan terhadap gulma-gulma yang tumbuh disekitar tanaman. Maka dari itu, perlu dilakukannya penyiangan agar tanaman tetap dapat tumbuh normal.

Gulma yang dapat merusak tanaman tersebut, biasanya tumbuh disekitar area tanaman, seperti di dalam pot tanaman.

Advertisement

Gulma dapat menyerang tanaman dengan cara menyebarkan diri ke seluruh bagian tanaman. Jika gulma-gulma tersebut tumbuh dengan subur, tanpa adanya dilakukan penyiangan.Kapan waktu Untuk Penyiangan Batang Bonsai

Maka tanaman tersebut akan kalah, sehingga tanaman tersebut akan sulit untuk berkembang biak.

Penyiangan dilakukan pada waktu yang tidak menentu, apabila gulma sudah menyebar didaerah tanaman. Maka penyiangan akan segera dilakukan. Penyiangan dilakukan dengan cara manual atau menggunakan tangan.

Untuk melakukan penyiangan tanaman bonsai, memang tidak dianjurkan untuk menggunakan alat lainnya, seperti mesin rumput atau sejenisnya. Karena alat tersebut dapat menyebabkan tanaman menjadi rusak.

Advertisement

Untuk melakukan penyiangan, biasanya kita harus menyemprotkan gulma dengan zat-zat kimia terlebih dahulu. Agar saat di cabut akar-akar pada gulma pun akan ikut tercabut. Sehingga gulma tidak akan tumbuh dalam waktu yang sangat singkat.

Jangan biarkan gulma tumbuh subur di permukaan tanaman, karena ketika gulma tumbuh dengan subur.

Maka yang akan terjadi, tanaman akan sangat mudah terserang lumut, apabila lumut sudah menyerang pada bagian tanaman. Tanaman akan sulit untuk dibersihkan dan tampilan tanaman menjadi tidak terlihat menarik lagi.

Pemberantasan hama dan penyakit pada bonsai

Selanjutnya yang perlu dilakukan ialah pemberantasan hama dan penyakit pada tanaman bonsai. Untuk melakukan pemberantasan hama dan penyakit, memang harus dilakukan dengan rutin.

Pemberantasan ini dapat dilakukan dengan melakukan penyemprotan cairan pestisida ditanaman tersebut.

Penyemprotan tidak dilakukan sesering mungkin, karena dapat merusak daun dan bunga pada tanaman. Untuk melakukan penyemprotan pada tanaman ini, hanya dilakukan pada sore hari saja. Tetapi hanya dua hari sekali saja.

Jika tanaman sudah terlanjur terserang hama dan penyakit. Maka hal yang harus kita lakukan selanjutnya ialah melakukan pemangkasan, dan penyemprotan pun harus dilakukan sehari sekali.

Jika hama dan penyakit sudah terlanjur menyerang tanaman, maka tanaman yang terserang tersebut harus segera di pindahkan ke tempat lain. Agar tidak terjadi nya penularan pada tanaman lain.

Advertisement
Kapan waktu Untuk Penyiangan Batang Bonsai | Penulis | 4.5