Penyebab Okulasi Tanaman Sering Gagal

Banyak faktor dan penyebab akibat kita melakukan okulasi pada sebuah tanaman sering mengalami kegagalan,baik dalam tanaman buah maupun tanaman Hias.Pengertian tentang okulasi sendiri adalah cara untuk memperbanyak sebuah bibit tanaman dengan teknik sambung mata tunas.teknik sambungan ini mengunakan Media tanaman hidup dengan tanaman lainya.

Banyak kalangan orang yang kesulitan dalam melakukan okulasi pada tanaman.Penyebab okulasi tanaman sering gagal bisa saja akibat kurangnya ilmu pengetahuan kita dalam mempelajari teknik serta cara yang benar dalam melakukan penyambungan sebuah tanaman.Padahal cara okulasi ini sangat mudah kita praktekan,tidak perlu kursus,orang awam tentang pertanian saja bisa melakukanya,asalkan tahu teknik serta caranya.

Advertisement

Pada dasarnya,teknik dalam melakukan okulasi sendiri mengambil pada bagian tanaman mata tunasnya.bisa kita ambil pada batangnya yang bagian tengah,atau bisa juga dengan menggunakan batang tanaman induk.Penyebab okulasi Tanaman Sering Gagal

Cara ini harus cepat kita lakukan,setelah kita melakukan penyeratan atau pemotongan pada batang tanaman untuk melakukan okulasi,dengan cepat harus kita tempal pada bagian batang tanaman induknya.agar okulasi menghasilkan serta sesuai yang kita harapkan,sebaiknya bibit tunas yang akan kita sambungkan kita simpan pada tempat sejuk serta cukup air.

Advertisement

Apabila kita sudah berhasil menempelkan,pada batang induk tanaman,sebaiknya kita potong saja,hal ini supaya tanaman yang kita tempel tersebut lebih cepat pertumbuhanya.bisanya,cara serta teknik okulasi sendiri menyambungkan pada sebuah tanaman yang sama jenisnya.berikut ini penyebab okulasi tanaman sering gagal akibat dan penyebabnya.

  1. Dalam teknik kita memotong mata tunas dengan batang induk tidak serasi.akibatnya saat kita melakukan penempelan mata tunas dan batang induk tidak menyambung secara rapat dan sempurna.
  2. Jangan menggunakan mata tunas yang tua maupun terlalu muda.hal ini juga sangat mempengaruhi keberhasilan dalam kita melakukan teknik Okulasi.sebaiknya di pilih tanaman yang pas.

Jika sering mengalami kegagalan dalam melakukan Okulasi,cara mengetasinya sebagai berikut.

  • Sebaiknya,sebelum kita terjun langsung dalam melakukan okulasi,alangkah bainya jika kita latihan terlebih dahulu dalam hal memotong mata tunas.hal yang harus di perhatikan adalah dalam hal ukuran..mata tunas dan batang tanaman harus memiliki kesamaan dalam kita memotongnya.
  • Dalam melakukan pengikatan batang dengan mata tunas tersebut,sebaiknya di ikat dengan kencang,agar tidak goyang saat tertiup angin.
  • Sterilkan alat ayang akan kita gunakan terlebih dahulu dengan menyelupkan pada Fungisida.hal ini untuk menjaga menularnya hama serta penyakit pada mata tunas dan batang tanaman saat kita melakukan pemotongan.

Cukup sekian panduan saya kali ini tentang penyebab okulasi tanaman sering gagal.semoga tulisan ini bermanfaat bagi sesama.jika ada yang kurang jelas,bisa meninggalkan komentar.

Advertisement
Penyebab Okulasi Tanaman Sering Gagal | admin | 4.5