Pengolahan Media Tanam Semangka Unggul

Pengolahan media tanam semangka unggul–¬†Saat melakukan pengolahan media tanam untuk jenis tanaman buah semangka ini, harus dilakuakan dengan cara dan teknik yang benar. Untuk melakukan pengolahan media tanam, kita perlu melakukan tahap-tahap sebagai berikut ini:

  • Pembukaan lahan
  • Pembentukan bedengan
  • persiapan
  • Pemupukan
  • pengapuran
  • lain sebagainyaPengolahan Media Tanam Semangka Unggul

Pertama yang harus kita lakukan dalam pengolahan media tanam yaitu pembukaan lahan. Lahan yang di butuhkan untuk melakukan penanaman tanaman buah semangka harus pada lahan yang subur. Pembukaan lahan untuk melakukan penanaman baru ini harus di periksa secara teliti.

Advertisement

Kita harus mencabut tunggul-tunggul bekas pada lahan tanaman yang baru di buka tersebut. Proses pencabutan bertujuan agar bakteri dan hama pada tanaman sebelumnya tidak menular pada tanaman baru nantinya.

Selanjutnya ialah pembentukan bedengan, kita harus membentuk bedengan dengan rapi dan sejajar. Karena jika bedengan tersebut di buat dengan teknik yang berantakan, maka hasil nya akan berdampak pada buah semangka nantinya.

Advertisement

Pertumbuhan buah semangka bergantung pada bentuk bedengan tersebut, jika bedengannya hancur maka hasilnya akan hancur pula.

Persiapan untuk melakukan pengolahan media tanam ini memang harus di lakukan dengan sebaik mungkin, agar hasil pengolahan media tanam dapat berjalan dengan lancar.

Jika semuanya sudah dilakukan dengan baik, selanjutnya baru lah kita memasuki tahap pemupukan.

Pupuk yang diberikan untuk tanaman semangka ini harus berasal dari pupuk kandang, karena pupuk kandang dapat membantu tanaman menjadi subur dengan jangka waktu yang sangat cepat.

Pemupukan tersebut harus dilakukan secara teratur. Untuk masalah pupuk, tidak boleh dicampurkan dengan jenis pupuk lainnya. Jika di campurkan, akan berakibat buruk pada tanaman buah semangka tersebut.

Selanjutnya setelah pemupukan, hal yang perlu dilakukan ialah pengapuran. Pengapuran memang sangat penting dalam melakukan penanaman pada tanaman buah semangka.

Kita harus memberikan jenis kapur pertanian yang mengandung unsur calsium yang baik. Kapur juga berfungsi sebagai penyubur tanaman dan mencegah terjadinya serangan hama dan penyakit pada tanaman buah semangka.

Setelah itu, kita dapat melakukan tahapan lainnya sesuai dengan keinginan kita sendiri. Intinya kita perlu melakukan pengolahan tanaman ini dengan baik dan benar.

Advertisement
Pengolahan Media Tanam Semangka Unggul | Penulis | 4.5