Pengobatan Hama Dan Penyakit Tanaman Buah

Banyak jenis hama serta penyakit yang sering kali menyerang tanaman buah,namun kita kadang kurang mengetahui,bagaimana cara pengobatan hama dan penyakit tanaman buah agar cepat sembuh.sudah bisa di pastikan,jika tanaman terserang berbagai jenis penyakit ini,maka akan menurunkan tingkat produksi dan kesuburan tanaman tersebut juga akan berkurang drastis..

Pengendalian hama dan penyakit dapat di atasi dengan berbagai cara, jika hama dan penyakit tidak di atasi dengan secepatnya, maka tanaman tersebut akan mengalami kematian. Berikut ini adalah jenis hama dan cara pengendaliannya :Pengobatan Hama Dan Penyakit Tanaman Buah

Advertisement

Lalat buah

Lalat buah sering di jumpai pada buah-buah yang sudah matang. Lalat buah menyerang tanaman dengan cara lalat tersebut menghinggapi buah, kemudian lalat tersebut meninggalkan telur dan lama-kelamaan telur tersebut berkembang dan berubah menjadi ulat kecil . Sehingga buah yang tadinya matang dengan bagus, sekarang menjadi busuk akibat lalat buah.

Cara pengendaliannya

Advertisement
  • Lakukan penyemprotan pestisida secara rutin. Cara yang baik saat melakukan penyemprotan menggunakan pestisida cukup dengan memperbanyak pestisida dari pada air yang akan di campurkan. Kira-kira perbandingan 2:1
  • Setelah itu, lakukan pembungkusan pada buah-buah tersebut menggunakan pelastik atau goni kecil, dan diikat dengan tali.
  • Biasanya, selain itu kita juga dapat memasang jaring anti lalat. Kita juga bisa memasang aliran listrik di bagian jaring tersebut. Agar lalat tidak bisa masuk melalui celah apapun.

 

Kutu hijau

Kutu hijau, biasanya hanya menyerang bagian ranting-ranting nya saja. Tetapi kita harus waspada dengan keberadaan kutu hijau. Karena dengan adanya kutu hijau, ranting-ranting dan daun akan mengering dan akan mengakibatkan layu, itu dikarenakan kutu hijkau sudah menghisap cairan yang berada di dalam ranting tersebut.

Bukan hanya menghisap cairan, kutu hijau juga dapat menghasikan sedikit cairan madu, yang dapat menyebabkan serangga lain dapat menyerang tanaman tersebut.

Cara pengendalian nya hanya dengan menyemprotkan cairan insektisida yang di campur dengan zat lain.

Jamur

Cara pengendaliannya dengan cara:

  • Rajin menyemprot cairan fungisida pada tanaman yang terserang penyakit jamur tersebut. Penyemprotan dilakukan dengan dosis sesuai anjuran.
  • Selain itu, juga dapat dilakukan pemangkasan pada tanaman yang terserang penyakit jamur tersebut. Jika tidak di lakukan pemangkasan secara cepat, maka penyakit jamur akan merambat ke bagian tanaman lainnya.
  • Jika dilakukan pemangkasan, bakar atau kubur sisa daun yang pangkas tersebut, agar penyakit jamur tidak menular.
Advertisement
Pengobatan Hama Dan Penyakit Tanaman Buah | Penulis | 4.5