Pengendalian Serangan Hama Pada Tanaman Kelapa Sawit

Pengendalian Serangan Hama Pada Tanaman Kelapa Sawit – Hama dan penyakit merupakan sesuatu yang sering terjadi pada tanaman apa saja, tak terkecuali pada tanaman kelapa sawit.

Lingkungan yang tidak terawat akan menjadi pemicu utama terserangnya hama dan juga penyakit. Untuk itu, kebersihan lingkungan menjadi faktor utama keberhasilan dari penanaman kelapa sawit.

Advertisement

Agar hama dan penyakit tidak menyebar luas pada tanaman kelapa sawit yang lainnya, ada baiknya jika kita selalu rutin melakukan pengamatan terhadap tanaman kelapa sawit sejak tanaman tersebut masih dalam tahap pembibitan.

Biasanya untuk pengamatan ini sendiri dapat di lakukan dengan cara melihat di beberapa titik tempat biasa hama menyerang tanaman kelapa sawit.

Pengendalian Serangan Hama Pada Tanaman Kelapa Sawit

Pengamatan ini juga harus di lakukan secara rutin, agar hama yang menyerang tanaman kelapa sawit dapat segera teratasi dengan cepat dan tepat.Simak juga Proses Pembenihan Tanaman Daun Bawang

Pengendalian Serangan Hama Pada Tanaman Kelapa Sawit

Berikut ini merupakan beberapa jenis hama yang sering menyerang tanaman kelapa sawit. Jika anda ingin melihatnya lebih lanjut, maka anda bisa langsung melihatnya di bawah ini :

Ulat api

Jenis hama ulat api ini ternyata memiliki berbagai macam jenis, jenis-jenis dari hama ulat api tersebut memiliki serangan yang berbeda-beda.

Mulai dari serangan yang paling ringan, hingga serangan terberat yang dapat menimbulkan kematian pada tanaman tersebut.

Biasanya untuk jenis hama ulat api ini dapat memakan dan juga mengikis daun tanaman kelapa sawit. Apabila hama ini terus merusak daun tanaman kelapa sawit, maka produksi dari tanaman kelapa sawit akan mengalami pengurangan secara drastis.

Advertisement

Sebelum hama ulat api ini menyerang tanaman kelapa sawit yang lainnya, maka ada baiknya jika kita melakukan pengendalian terhadap tanaman tersebut.Silahkan di baca juga Mengoptimalkan Lahan Sempit Untuk Bertanam Sayur Rumahan

Cara yang paling efektif untuk menghilangkan hama yang satu ini biasanya dengan cara memperbanyak semut angkarang.

Selain itu, agar hama ini tidak mudah menyerang kembali ada baiknya jika kita selalu membersihkan lahan tempat penanaman kelapa sawit.

Tidak di anjurkan bagi para petani untuk melakukan pengendalian dengan cara menyemprotkan cairan zat kimia terhadap tanaman kelapa sawit tersebut. Karena pada dasarnya cairan zat kimia akan semakin merusak tanaman kelapa sawit.

Tikus

Selain ulat api, hama yang sering menyerang tanaman kelapa sawit yang lainnya ialah tikus. Biasanya hama yang satu ini menyerang dengan cara memakan buah yang ada pada tanaman tersebut.Tulisan terkait lain Cara Menanam seledri Pot Polybag Rumahan

Jika hama yang ini tidak segera di atasi, maka itu akan sangat merugikan bagi para petani kelapa sawit.

Untuk pengendaliannya biasanya dapat di lakukan dengan cara melakukan pengumpanan. Pengumpanan ini biasanya dapat di lakukan dengan memberikan racun pada buah yang akan di makan hama tikus tersebut.

Kumbang tanduk

Hama tanduk ini biasanya akan mudah menyerang tanaman kelapa sawit apabila lingkungan di sekitar lokasi penanaman dalam kondisi lembab.

Untuk itu, kita harus tetap selalu menjaga lingkungan tempat penanaman agar tidak dalam keadaan yang lembab.

Sekian Informasi mengenai Pengendalian Serangan Hama Pada Tanaman Kelapa Sawit jangan lupa baca tulisan terkait lain Cara Menanam Wortel Pot Polybag Rumahan

Advertisement
Pengendalian Serangan Hama Pada Tanaman Kelapa Sawit | penulis penulis | 4.5