Pengendalian Jenis Penyakit Tanaman Buah Dan Hias

Banyak para petani yang mengeluhkan berbagai cara untuk mengatasi berbagai serangan jenis penyakit pada tanamannya.Cara paling mudah untuk melakukan pengendalian jenis penyakit tanaman buah dan hias dengan cara penyemprotan pestisida sesuai jenis penyakit serta gejalanya..Pengendalian Jenis Penyakit Tanaman Buah Dan Hias

Mosaik.

Advertisement

Mosaik merupakan penyakit yang sangat berbahaya, sehingga dapat menyebabkan penularan pada tanaman lainnya.  Tanaman yang terserang mosaik ini biasanya tanaman tersebut tidak bisa tumbuh besar alias kerdil.

Jangan salah, penyakit mosaik bukan hanya menyebabkan tanaman menjadi kerdil, tetapi tanaman juga bisa tumbuh membesar tetapi, tumbuh membesarnya tidak ada batas nya.

Jika penyakit jenis mosaik ini terlanjur menyerang pada tanaman, maka kita harus melakukan pembasmian dengan cara mencabut sampai akar atau membakarnya. Penyakit mosaik ini akan hilang sendirinya seiring berjalannya waktu dan perawatan yang rutin dilakukan.

Virus kuning

Daun yang terserang virus kuning biasanya akan berwarna kuning dan terdapat bercak kehitaman. Serangan virus ini akan berdampak pada buah yang akan memasuki masa panen. Karena buah akan lambat mengalami kematangan dan biasanya bentuk buah tidak besar seperti biasanya, bentuk yang di hasilkan buah tersebut lebih kecil dan sulit untuk mengalami pembesaran.

Advertisement

Embun tepung

Penyakit jenis embun tepung ini, biasanya terjadi karena tanaman tersebut terserang oleh jamur dan bakteri. Penyakit embun tepung sering menyerang pada bagian daun tanaman tersebut, sehingga daun tanaman tampak seperti layu dan banyak yang berguguran.

Serangan jamur ini juga dapat menyebabkan gagalnya pembuahan pada tanaman melon. Cara mengatasi serangan embun tepung atau jamur dengan cara mencabut tanaman yang sudah mulai terserang, lakukan penyemprotan  menggunakan cairan pembasmi bakteri sebanyak 2 kali sehari, pada pagi dan sore hari.

Layu fusarium

Biasanya layu fusarium terserang akibat pemberian pupuk urea secara berlebihan. Tanaman ini jika menyerang pada tanaman, tanaman tersebut dapat menjadi layu dan mengering. Pengapuran lahan harus dilakukan agar tidak terjadinya layu fusarium ini.

Kekurangan unsur hara

Jika terjadinya kekurangan unsur hara akan menyebabkan tanaman menjadi terganggu dan tanaman menjadi mati akibat ada kelainan pada tanaman tersebut.

Tanah yang kurang subur

Biasanya pada penanaman, tanah yang kurang subur akan mengakibatkan tanaman menjadi sulit berkembang, buah menjadi kerdil, dan rasanya pun tidak enak.

Tanah yang kurang subur ini tidak boleh di diamkan terus menerus, harus ada pencegahannya agar tanaman tidak mengalami kerugian yang sangat besar.

Advertisement
Pengendalian Jenis Penyakit Tanaman Buah Dan Hias | Penulis | 4.5