Pengendalian Hama Pada Pada Tanaman Jeruk

Pengendalian Hama Pada Pada Tanaman Jeruk – Sebenarnya hama dan penyakit yang menyerang pada tanaman jeruk purut ini tidak lah terlalu berbahaya. Tetapi yang namanya hama dan penyakit ini harus di waspadai walaupun tidak terlalu membahayakan terhadap tanaman tersebut.

Untuk segala jenis hama dan penyakit yang menyerang tanaman apa pun walaupun hama ataupun penyakit tersebut tidak menimbulkan bahaya, tetapi harus selalu di waspadai agar tidak menyerang tanaman lainnya.

Advertisement

Hama dan penyakit yang menyerang tanaman jeruk purut ini tidak terlalu terlihat, karena pada dasarnya jenis tanaman ini memang jarang terserang penyakit.

Pengendalian Hama Pada Pada Tanaman Jeruk

Pengendalian Hama Pada Pada Tanaman Jeruk

Berikut ini merupakan jenis hama yang sering menyerang tanaman jeruk purut, jika anda ingin mengetahuinya lihat lah di bawah ini :

  • Tungau

Jenis hama yang satu ini memang tidak terlalu berbahaya, tetapi jika jenis hama ini terus-menerus di biarkan. Maka jenis hama yang satu ini akan merusak buah yang ada pada tanaman tersebut. Bukan saja buah, daun yang ada pada tanaman jeruk tersebut juga akan rusak di makan oleh hama yang bernama tungau ini.

Jika jenis hama yang satu ini mulai menyerang tanaman jeruk purut, maka sebaiknya kita harus segera mengatasinya agar tidak menyerang tanaman lainnya.

Untuk melakukan pengendaliannya, kita dapat melakukan penyemprotan pada tanaman yang terkena hama tersebut. Penyemprotan dengan cairan insektisida ini harus di lakukan secara rutin dan harus sesuai dengan dosis.

Advertisement
  • Kutu penghisap daun

Jika jenis hama kutu penghisap daun ini mulai menyerang tanaman jeruk purut, maka akan membahayakan tanaman jeruk purut itu sendiri.

Karena jika daun terus menerus di hisap, maka bau waangi yang menyengat tersebut akan menghilang, sehingga ciri-ciri yang ada pada daun jeruk purut tersebut akan menghilang.

Bila daun tanaman tersebut mulai mengeluarkan bintik-bintik cokelat, maka kita harus segera menyemprotkannya dengan cairan insektisida. Penyemprotan tersebut berguna untuk melumpuhkan hama kutu tersebut, agar hama kutu yang tidak menyerang tanaman lainnya.

  • Lalat buah

Hama yang satu ini, mungkin akan membahayakan tanaman jeruk purut tersebut. Karena jenis hama yang satu ini akan membuat kerugian yang sangat besar. Pasalnya lalat buah ini dapat merusak buah-buah yang ada pada tanaman jeruk purut tersebut.

Jika buah tersebut telah berlubang, walaupun lubang tersebut masih terlihat kecil. Maka kita harus membuang buah tersebut, jika tidak maka buah yang lain akan mudah terserang hama yang satu ini. Agar hama lalat buah ini tidak menyerang buah lagi, maka kita bisa membungkus buah yang masih bagus tersebut dengan pelastik bening.

  • Kutu loncat

Untuk jenis hama ini merupakan jenis hama yang mungkin terbilang cukup berbahaya. Pasalnya jenis hama kutu loncat ini dapat membuat tanaman menjadi mengering.

Baca Juga: Merawat Tanaman Jeruk Purut Harian

Bukan hanya itu bahkan tanaman yang terserang akan mengalami kematian. Biasanya bagian tanaman yang terserang terlebih dahulu ialah pada bagian tangkai, batang dan tunasnya.Nah demikian beberapa jenis hama yang kerap menyerang pada tanaman segala jenis jeruk.sekian Pengendalian Hama Pada Pada Tanaman Jeruk semoga berguna dan membantu..salam..

Advertisement
Pengendalian Hama Pada Pada Tanaman Jeruk | Penulis | 4.5