Pengemasan Buah Yang Benar Untuk Pengiriman

Dalam melakukan penjualan apalagi yang membutuhkan jarak tempuh yang sangat jauh,buah harus di lakukan pengemasan.pengemasan buah yang benar untuk pengiriman baik jarak dekat maupun jarak jauh berupa ekspor harus selalu kita perhatikan untuk perlakukan pengemasanya.

Sebelum dilakukannya penjualan, hal yang dilakukan selanjutnya adalah melakukan pengemasan, pengemasan sangat perlu dilakukan agar tampilan buah yang akan di jual menjadi menarik, selain itu dilakukannya pengemasan untuk menghindari kerusakan yang terjadi pada buah pasca panen.

Advertisement

Jika ingin melakukan pengemasan, sebaiknya bahan yang di gunakan untuk pengemasan adalah bahan yang telah di sterilkan, agar jika buah sudah di bungkus tidak akan mengalami pembusukan dan tidak mengalami kerusakan pada buahnya.Pengemasan Buah Yang Benar Untuk Pengiriman

Saat dilakukannya pengemasan yang harus kita lakukan adalah memberi label pada kemasan tersebut, agar para konsumen mengetahui di mana melon tersebut di produksi.

Buah yang di produksi harus telah teruji dari BPOM, agar konsumen tidak ragu untuk mengkonsumsinya.

Pengemasan khusus transportasi

Advertisement

Transportasi yang digunakan pada saat mengangkut buah melon sebaiknya menggunakan jalur laut, karena jika menggunakan jalur darat dan melewati jalan yang rusak buah akan mengalami goyangan yang cukup keras sehingga  buah mengalami kerusakan.

Jika ingin mengemas dan meletakkan buah ke dalam transportasi, kita harus menyusun dan meletakkan buah secara rapi dan tidak saling tumpuk. Agar buah yang sudah di kemas tidak rusak, kita juga dapat menggunakan kotak sebagai tempat pengemasan.

Di dalam kotak tempat pengemasan, harus di alasi dengan koran agar buah tidak mengalami kelembapan yang bisa membuat buah menjadi busuk dan berair.

Penyimpanan buah biasanya di dilakukan agar pada saat di lakukannya pengiriman buah sudah sedia dan tinggal di angkut dengan mudah. Penyimpanan buah harus dengan prosedur dan ketentuan agar tidak mengalami terjadinya pembusukan.

Penyimpanan untuk ekspor biasanya dilakukan dengan cara menyimpannya di dalam tempat yang bersuhu rendah, sehingga setelah di lakukannya pengeksporan buah tetap segar dan tahan lama, biasanya buah tersebut bertahan selama dua bulan setelah di lakukannya pemanenan.

Biasanya penyimpanan yang dilakukan untuk lokal, buah tidak perlu di simpan pada ruangan pendingin, karena buah tersebut akan langsung di jual pada pasar terdekat. Sebaiknya, jika dilakukan penyimpanan di dalam kamar, sebaiknya kamar tersebut harus ada cahaya sehingga buah tidak pengap dan berkeringat.

Advertisement
Pengemasan Buah Yang Benar Untuk Pengiriman | Penulis | 4.5