Membentuk Pohon Bonsai Menggunakan Kawat

Membentuk pohon bonsai menggunakan kawat-Pengawatan merupakan proses perawatan dan perbanyakan pada tanaman bonsai dengan cara mengikat tanaman menggunakan kawat. Proses pengawatan ini dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengeluarkan tenaga dan biaya yang banyak.

Pengawatan ini juga dapat dijadikan sebagai alternatif bagi para petani untuk melakukan pembentukan pada batang tanaman agar tanaman terlihat menarik.Membentuk Pohon Bonsai Menggunakan Kawat

Advertisement

Proses pengawatan ini hanya bisa dilakukan untuk jenis tanaman bonsai saja, jika dilakukan pada tanaman lain. Tanaman tersebut tidak bisa tumbuh dengan besar.

Proses pengawatan untuk tanaman bonsai ini, harus dilakukan dengan cara yang benar dan tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Karena jika dilakukan dengan sembarangan, maka kawat tersebut akan mudah merusak batang tanaman bonsai.

Jika anda ingin mengetahui proses pengawatan, anda sekarang dapat melihatnya disini :

Advertisement
  • Dalam proses pengawatan, kita harus menggunakan kawat yang sudah ditentukan ukurannya. Yaitu berukuran 2/3 ukuran cabang tanaman.
  • Untuk melakukan pelilitan, maka kita harus memulainya dari batang akhir lalu lanjut ke daerah cabang dan ranting. Jika kita melakukan pelilitan ini, kita memang harus di anjurkan untuk mengikuti¬† proses ini sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan sebelumnya.
  • Selanjutnya, kawat yang akan digunakan tersebut harus memiliki panjang sesuai dengan ukuran tanaman tersebut. Sebelum dililitkan ke batang, kawat tersebut harus di tancapkan jauh dari lokasi penanaman.
  • Setelah itu, lilitkan kawat tersebut dari ujung pangkal batang hingga mengenai cabang tanaman.
  • Lakukan pengawatan dengan sekuat mungkin, agar mendapatkan hasil yang sesuai. Dan lakukan pelilitan dengan cara yang benar dan usahakan lakukan pelilitan dengan rapi.
  • Pada saat dilakukannya pelilitan, hal yang kita harus lakukan ialah menyingkirkan daun-daun yang ada disekitar tanaman, dengan cara memangkas daun-daun yang ada pada tanaman tersebut
  • Hal yang perlu diketahui selanjutnya ialah pelilitan harus dilakukan dengan cara penyilangan, artinya pelilitan tersebut tidak boleh dilakukan hanya satu arah saja.
  • Jika sudah selesai, selanjutnya ialah menunggu hasil nya. Hasil pengawatan dapat kita buka setelah 2 bulan dilakukan pengawatan tersebut.

Untuk membuka kawat pada tanaman, jangan dilakukan dengan pemaksaan. Jika ingin membukanya,kita harus melakukannya dengan lembut sehingga batang tanaman tidak terluka.

Advertisement
Membentuk Pohon Bonsai Menggunakan Kawat | Penulis | 4.5