Pemeliharaan Dan Perawatan Tanaman Semangka

Pemeliharaan dan perawatan tanaman semangka – Setelah melalui tahap-tahap yang telah di lalui dalam penanaman buah semangka, selanjutnya yang perlu dilakukan ialah pemeliharaan tanaman semangka.

Pemeliharaan ini berguna untuk menjaga kelestarian tanaman buah semangka. Berikut ini merupakan tahap-tahap yang dapat dilakukan dalam melakukan pemeliharaan pada tanaman semangka.

Advertisement
  • Pengairan dan penyiraman tanaman semangka
  • Penyiangan tanaman buah semangka
  • Pemupukan tanaman buah semangka
  • Penyulaman pada tanaman
  • Perempelan semangkaPemeliharaan Dan Perawatan Tanaman Semangka

Kita akan membahas satu-persatu tentang tahap-tahap pemeliharaan tanaman semangka yang sudah tertera di atas. Baiklah kita akan membahas tahap-tahap pemeliharaan tersebut :

Pengairan dan penyiraman tanaman semangka

Pengairan dan penyiraman pada tanaman semangka memang sangat di butuhkan. Karena pengairan dan penyiraman ini berfungsi sebagai penunjang hidup pada tanaman buah semangka.

Advertisement

Jika pengairan dan penyiraman pada tanaman semangka berkurang, maka akan berdampak buruk pada buah semangka pada akhirnya nanti.

Karena buah semangka yang mengalami kekurangan pengairan dan penyiraman dapat menyebabkan buah tidak memiliki rasa manis lagi.

Penyiangan tanaman semangka

Penyiangan pada tanaman buah semangka harus dilakukan seminggu sekali. Penyiangan ini harus dilakukan dengan cara manual, tidak boleh menggunakan alat bantu lainnya.

Penyiangan berfungsi untuk mencegah adanya serangan hama atau penyakit pada tanaman buah semangka. Maka dari itu penyiangan harus dilakukan walaupun rumput-rumput tidak begitu lebat disekeliling tanaman.

Pemupukan tanaman buah semangka

Pupuk yang digunakan dalam pemeliharaan tanaman semangka ini ialah pupuk kandang. Karena pupuk kandang merupakan jenis pupuk yang alami, sehingga aman untuk digunakan untuk tanaman semangka. Biasanya para petani memberikan pupuk ini sekitar satu bulan sekali.

Penyulaman pada tanaman

Penyulaman yang dilakukan pada tanaman semangka harus dilakukan pada 2 minggu setelah di lakukannya penanaman. Penyulaman ini dilakukan untuk menambah kesuburan pada tanaman semangka.

Perempelan semangka

Perempelan tanaman buah semangka dilakukan pada bagian tunas-tunas muda yang ada pada batang tanaman. Perempelan ini berfungsi hanya untuk pemeliharaan pada tanaman semangka.

Perempelan ini juga berfungsi untuk merubah rasa pada buah semangka, misalnya buah semangka tersebut memiliki rasa yang tidak manis, kemudian dilakukan perempelan maka buah tersebut akan berubah menjadi manis.

Advertisement
Pemeliharaan Dan Perawatan Tanaman Semangka | Penulis | 4.5