Pembibitan Tanaman Tabulampot Secara vegetatif

Pembibitan Tanaman Hias Secara vegetatif – Untuk mendapatkan bibit tanaman yang baru, kita dapat melakukan cara perbanyak tersebut dengan cara perbanyakan vegetatif atau pun dengan cara yang lainnya.

Jika ingin melakukan penanaman dengan menggunakan tabulampot, maka sebaiknya kita melakukan perbanyakan dengan menggunakan cara vegetatif.

Advertisement

Jika bibit yang akan di tanaman tersebut berasal dari hasil perbanyakan suatu tanaman indukan. Maka ada baiknya jika tanaman bibit tersebut harus memiliki tingkat reproduksinya yang tinggi. Agar pada saat pembuahan, buah yang di keluarkan pun banyak dan pembuahannnya pun berlangsung dengan cepat.Pembibitan Tanaman Tabulampot Secara vegetatif

Pembibitan Tanaman Tabulampot Secara vegetatif

Cara melakukan perbanyakannya pun tidak boleh di lakukan dengan sembarang cara. Jika perbanyakan tersebut di lakukan dengan cara yang tidak baik, maka bibit tanaman yang di hasilkan untuk proses penanaman selanjutnya pun akan memiliki hasil yang tidak baik pula.

Berikut ini merupakan jenis perbanyakan untuk mendapatkan bibit tanaman yang biasa di lakukan oleh kebanyakan orang. Jika anda ingin mengetahuinya, anda bisa melihatnya di bawah ini :

Sambungan Batang vigetatif

Perbanyak bibit tanaman dengan melakukan penyambungan ini merupakan hal yang sudah biasa di lakukan oleh orang banyak. Tetapi walaupun penyambungan ini di rasa sudah biasa di lakukan, bukan berarti kita melakukannya dengan sembarang cara.

Baca Juga: Memahami Syarat Tumbuh Tanaman Tabulampot

Advertisement

Dalam proses penyambungan ini, biasanya yang di gunakan untuk melakukan penyambungan ini ialah pada bagian batang tanaman bawahnya. Perbanyakan dengan cara penyambungan ini sangat berguna sekali untuk memperbaiki kualitas tanaman yang sebelumnya tidak bagus.

Biasanya dalam melakukan proses penyambungan, ada dua teknik penyambungan yang dapat di lakukan. Teknik penyambungan tersebut ialah :

  • Sambung samping
  • Dan sambung pucuk

Kedua jenis teknik penyambungan tersebut juga dapat di lakukan dengan baik dan juga dapat di lakukan pada semua jenis tanaman buah atau selain tanaman buah juga dapat menggunakan teknik ini.

Biasanya jenis teknik ini dapat mengeluarkan buahnya dengan cara yang lebih cepat dan juga buah yang di keluarkan pun lebih banyak dari sebelumnya.

Okulasi Batang tanaman

Perbanyakan dengan cara okulasi ini merupakan jenis perbanyakan dengan melakukan penempelan pada mata tunas tanaman. Perbanyakan dengan cara okulasi ini merupakan cara yang tidak terlalu sulit di lakukan oleh siapa pun. Biasanya jika ingin melakukan perbanyak dengan okulasi ini, di lakukan pada waktu musim kemarau.

Jika perbanyakan dengan cara okulasi di lakukan pada waktu musim penghujan, maka tidak akan menghasilkan pembuahan yang baik pada tanaman tersebut.

Selain itu, biasanya perbanyakan dengan okulasi ini di lakukan pada waktu sore hari. Karena selama proses okulasi ini, tidak boleh ada sinar matahari yang menyinari hasil okulasi tersebut.

Baca Juga: Pemilihan Bibit Tanam Hias Buah berkualitas

Bukan hanya itu, jika ingin melakukan okulasi. Maka sebaiknya kita harus melihat kondisi alat yang akan di gunakan untuk melakukan perbanyakan tersebut. Alat yang di gunakan tersebut harus bersih dan terbebas dari kotoran atau pun bakteri.Demikian yang bisa saya tuliskan Pembibitan Tanaman Tabulampot Secara vegetatif semoga bisa berguna dan bermanfaat..salam.

Advertisement
Pembibitan Tanaman Tabulampot Secara vegetatif | Penulis | 4.5