Pembibitan Bunga Sikas Dengan Pemisahan Anakan

Kebanyakan para penghobi tanaman hias,jika ingin memperbanyak jenis bunga sikas,umumnya hanya di lakukan dengan cara melakukan pemisahan anakanya.sangat jarang orang memperbanyak Tanaman hias sikas dengan cara okulasi,setek maupun Grafting.

Selain unik,tanaman hias jenis sikas ini juga bisa di katakan sebagai tanaman hidup dalam artian jenis tanaman hias primitif langka yang masih ada sekarang ini.selain dengan cara pemisahakan anakan,bibit atau anakan bunga sikas juga bisa kita perbanyak dengan cara melalui bibitnya.

Advertisement

Pembibitan bunga sikas dengan pemisahan anakan sangat mudah.biasanya anakan tanaman hias sikas akan banyak bermunculan di bawah atau samping akar induknya.namun ada juga jenis tanaman hias yang sangat sukar untuk menghasilkan anakannya.bibit tanamn hias sikas

Jika hal ini terjadi,maka bisa kita tumbuhkan bibit tunas tersebut dengan cara melalui indukasi terlebih dahulu.Indukasi adalah sarana memotong atau menusuk tunas dengan lidi atau dengan lidi tusuk gigi.dengan demikian,tak lama kemudian tanaman sikas akan mengeluarkan tunasnya akibat stres.hampir sama caranya dengan membuat indukasi tanaman hias Encephalartos.

Advertisement

Cara memisahkan anakan bunga sikas sangat mudah,yang penting di perhatikan umur tunas serta jangan lupa akar tunas jangan sampai tertinggal waktu kita mencambutnya.

Biar lebih gamblang,baiklah akan saya berikan sedukit tutorial atau panduan singkat cara pemisahan anakan bunga sikas saya kusukan bagi anda pemula yang menggeluti jenis tanaman hias sikas ini.

  1. Cari serta siapkan tanaman induk yang akan kita perbanyak atau kita lakukan pembibitan.
  2. Cari anakan yang memiliki batang serta daun yang lebat,usahakan memiliki diameter batang 4 cm,lalu bisa anda pisahkan anakan tersebut dengan akarnya.
  3. Jika terdapat luka,baik pada tanaman induk maupun bibit tanaman,olesi bekas luka tersebut dengan larutan fungisida.
  4. Selanjutnya langsung bisa kita tanaman dalam pot dengan media tanaman berupa arang campuran sekam bakar.
  5. lakukan penyiraman 2 kali sehari setiap pagi dan sore hai lalu tempatkan pada area yang tedyk serta memiliki kelancaran sirkulasi udaranya.

Mungkin yang perlu anda ketahui,akan lebih bagus lagi jika kita memisahkan anakan tanaman hias sikas pada musim kemarau.sebab jenis tanaman ini akan sangat tergantung dengan air.apalagi jika tanaman tersebut masuh dalam masa pertumbuhan,sebaiknya jangan sampai kekeringan,bberikan pengairan yang cukup setiap pagi dan sore hari.

Advertisement
Pembibitan Bunga Sikas Dengan Pemisahan Anakan | admin | 4.5