Cara Pembibitan Tanaman Buah Semangka

Cara pembibitan tanaman buah semangka – Dalam melakukan pembibitan pada tanaman semangka, harus dilakukan dengan baik dan benar. Karena tanaman buah semangka rentan terserang hama-hama dan penyakit. Maka dari itu kita perlu melakukan pembibitan dari awal dengan baik dan benar.

Untuk melakukan pembibitan, kita perlu menerapkan persyaratan benih pada tanaman kaktus. Ini dilakukan agar pada saat penanaman tidak ada yang di lakukan dengan sembarangan. Persyaratan benih tersebut yaitu : kita harus melakukan pemilihan jenis benih semangka yang untuk di semaikan nantinya.Cara Pembibitan Tanaman Buah Semangka

Advertisement

Pemilihan jenis benih tersebut harus yang berkualitas baik, seperti benih semangka tanpa biji. Jenis benih semangka tanpa biji ini banyak di cari oleh kalangan petani untuk di jadikan benih tanaman semangka mereka.

Benih semangka yang berbiji juga banyak di jadikan benih tanaman, tetapi benih tersebut kini jarang terlihat. Karena para pencinta buah semangka lebih memilih buah semangka yang tanpa biji.

Advertisement

Penyiapan benih tanaman semangka terutama benih semangka tanpa biji ini harus di lakukan dengan cara yang sangat hati-hati.

Karena benih buah semangka tanpa biji ini memiliki tekstur yang sangat lembut, sehingga benih tersebut mudah hancur bila tidak dilakukan dengan hati-hati.

Teknik penyemaian benih semangka

Teknik Penyemaian benih tanaman buah semangka harus dilakukan di lahan yang subur. Sebelum di semai, biji harus di rendam terlebih dahulu dengan air dingin yang telah di campur dengan bahan-bahan yang telah di tentukan sebelumnya.

Hal yang perlu kita lakukan selanjutnya melakukan pemeliharaan pada pembibitan tanaman buah semangka.

Pemeliharaan tersebut berfungsi untuk menjaga bibit agar tidak mudah terserang oleh bakteri atau jamur perusak lainnya. Pemeliharaan ini dilakukan setelah biji tanaman di rendam.

Selanjutnya kita perlu melakukan pemindahan pada bibit semangka. Setelah bibit mengeluarkan kecambah, kita sudah bisa memindahkan bibit ke dalam lahan yang sudah di sediakan.

Lakukan penanaman bibit dari awal dengan menggunakan pelastik terlebih dahulu, agar dapat menghasilkan tanaman semangka dengan hasil yang optimal.

Setelah itu, seperti biasa kita melakukan penanaman. Kita harus melakukan pemupukan pada tanaman secara teratur. Kurangi penyiraman pada saat tanaman baru di lakukan pemindahan.

Advertisement
Cara Pembibitan Tanaman Buah Semangka | Penulis | 4.5