Pembentukan Bonggolan Akar Dan Tajuk Tanaman Adenium

Pembentukan Bonggolan Akar Dan Tajuk Tanaman Adenium – Tidak seperti jenis tanaman hias pada umumnya, tanaman hias adenium bonsai ini merupakan suatu jenis tanaman yang mampu di lakukan perubahan pada  bentuk  aslinya.

Sosoknya yang menarik dan unik ini mampu membuat siapa saja ingin memilikinya untuk di jadikan sebagai pajangan.

Advertisement

Tetapi untuk melakukan perubahan bentuk pada tanaman ini pastinya membutuhkan waktu yang cukup lama dan juga harus memiliki keahlian yang khusus dalam merangkai tanaman hias adenium bonsai tersebut.

Pada umumnya teknik yang di gunakan untuk melakukan pembentukan pada tanaman hias adenium  ini pun harus menggunakan teknik pengawatan. Karena teknik ini di percaya dapat membentuk tanaman adenium dengan sangat baik tanpa melukai tanaman hias tersebut.

Pembentukan Bonggolan Akar Dan Tajuk Tanaman Adenium

Pembentukan Bonggolan Akar Dan Tajuk Tanaman Adenium

Berikut ini merupakan beberapa tahapan yang di lakukan untuk membentuk tanaman hias bonsai bergaya jepang dengan bonggol yang unik. Jika ingin mengetahuinya, anda bisa langsung melihatnya di bawah ini :Baca Pembuatan Green House Bunga Anggrek

Advertisement
  • Hal pertama yang harus di lakukan ialah memilih jenis bibit atau bakalan tanaman hias adenium bonsai yang masih dalam keadaan sehat. Bukan hanya sehat, bonggolan akar juga harus terlihat membesar, sehingga untuk pembentukannya tidak terlalu sulit untuk di lakukan.
  • Setelah mempersiapkan tanaman yang akan di bentuk, selanjutnya yang dapat kita lakukan ialah, mempesiapkan alat-alat dan bahan yang akan di gunakan. Alat dan bahan tersebut seperti pisau, gunting, tali, kawat dan lainnya.
  • Setelah semuanya terkumpul, selanjutnya mulai lah bentuk bagian bonggolan akar  tanaman dengan menggunakan peralatan yang telah di sediakan.
  • Pada saat melakukan pengeboran pada bonggolan batang bnawah adenium bonsai, sebaiknya harus di lakukan secara hati-hati, agar mendapat hasil akhir yang memuaskan. Bonggolan akar yang di gunakan tersebut harus jenis bonggolan yang masih muda, jika menggunakan bonggolan yang sudah tua, di khawatirkan tidak akan terbentuk dengan sempurna.
  • Jika lubang telah selesai di buat, maka satu kan kembali batang yang telah di runcingkan dengan menggunakan tali pelastik. Usahakan pengikatan tersebut di lakukan secara ketat, agar posisi tanaman tidak bergeser arah.
  • Setelah sambungan tersebut selesai di lakukan, selanjutnya yang harus di lakukan ialah membentuk tajuk pada tanaman hias adenium.
  • Pembentukan tajuk tanaman hias adenium ini pada umumnya di lakukan dengan menggunakan kawat yang berukuram 1,9 mm.
  • Untuk pelilitan, biasanya di mulai dari cabang pertama hingga cabang akhir.
  • Untuk melengkungkan pelilitan sebaiknya harus di lakukan secara hati-hati, agar batang tidak mudah patah saat di lilitkan.
  • Pembengkokan cabang tersebut dapat di lakukan sesuai dengan keinginan.
  • Setelah itu, pelepasan lilitan kawat pada tajuk tanaman baru akan dapat di lakukan setelah memasuki waktu sekitar 5 bulan. Pelepasan kawat lilitan ini harus di lakukan secara hati-hati agar hasil yang di tunjukkan nantinya juga akan terlihat sangat memuaskan

baca : Usaha Agribisnis Budidaya Durian Unggul Prospeknya Cerah

Demikian Pembentukan Bonggolan Akar Dan Tajuk Tanaman Adenium semoga bisa membantu.

Advertisement
Pembentukan Bonggolan Akar Dan Tajuk Tanaman Adenium | Penulis | 4.5