Pasca Panen Tanaman Jeruk Purut

Pasca Panen Tanaman Jeruk Purut – Setelah kita melalui tahap pemanenan yang telah di tunggu-tunggu oleh para petani. Maka hal yang selanjutnya harus di lakukan ialah melakukan pasca panen pada tanaman jeruk purut ini. Yang di sebut dengan pasca panen ini ialah melakukan proses pembersihan lahan tanaman setelah di lakukannya proses pemanenan.

Setelah melakukan proses pemanenan, memang di haruskan oleh semua petani tanaman jeruk purut ini melakukan pembersihan lahan. Pembersihan lahan ini berfungsi agar hama dan penyakit yang ada pada tanaman sebelumnya tidak akan berjangkit pada tanaman buah purut yang baru nantinya.

Advertisement

Bukan hanya sekedar melakukan pembersihan pada lahan tanaman tersebut, proses pasca panen ini juga meliputi pemisahan hasil buah yang telah di panen. Pemisahan ini berfungsi agar kita mengetahui mana buah jeruk yang busuk dan mana buah jeruk yang masih dalam keadaan masih segar.Pasca Panen Tanaman Jeruk Purut

Pasca Panen Tanaman Jeruk Purut

Setelah semua buah di pisahkan dan di kumpulkan di sebuah tempat, lalu kita dapat melakukan pembersihan buah-buah yang telah di kumpulkan tadinya. Pembersihan ini berfungsi agar buah yang akan di pasarkan nantinya tidak berdebu atau lain sebagainya.

Pembersihan buah jeruk purut ini harus di lakukan dengan sebersih mungkin, agar pelanggan jeruk purut tidak akan kecewa dengan jeruk yang telah di belinya dengan harga yang mahal tersebut.

Advertisement

Agar buah jeruk purut tetap dalam keadaan mengkilat, maka kita bisa menambahkannya dengan pelapisan lilin. Pelapisan lilin ini juga berfungsi sebagai perpanjangan masa simpan buah jeruk purut nantinya. Jadi melakukan pelapisan lilin ini juga sangat penting setelah pasca panen.

Penyimpanan

Untuk jenis buah jeruk purut ini dapat di simpan di dalam ruangan yang memiliki suhu sekitar 13 derjat celcius. Biasanya untuk buah jeruk purut ini tidak dapat tahan simpan setelah tiga minggu di masukkan ke dalam ruangan. Karena jika semakin lama buah jeruk purut berada di dalam ruangan, maka bau dari buah jeruk purut tersebut semakin menghilang alias tidak wangi lagi.

Pengemasan dan proses transportasi

Setelah di lakukannya penyimpanan, lalu hal selanjutnya yang harus di lakukan ialah melakukan pengemasan. Proses pengemasan ini berfungsi agar buah jeruk purut yang akan di jual nantinya memiliki kesan tersendiri. Bukan hanya itu saja, pengemasan pada buah jeruk purut ini juga berfungsi agar buah jeruk purut tersebut dapat tahan lama.

Setelah proses pengemasan selesai di lakukan, maka proses selanjutnya ialah mencari transportasi yang akan di gunakan untuk pengangkutan buah jeruk purut nantinya. Sebaiknya kita memilih jenis transportasi yang memiliki daya tampung yang lebih luas, agar pada saat penyusunan buah tidak akan mudah berkeringat yang dapat mengakibatkan pembusukan.

Baca Juga: Budidaya Jeruk Purut Cukup Menguntungkan

Pada saat pengemasan pun, sebaiknya kita harus melapisi atas kotak kemasan dengan menggunakan kertas atau pun kardus bekas. Cara ini dilakukan agar pada saat buah di susun di atas transportasi, buah tidak akan mengalami tekanan yang cukup kuat.demikian Pasca Panen Tanaman Jeruk Purut semoga membantu

Advertisement
Pasca Panen Tanaman Jeruk Purut | penulis penulis | 4.5