Pasca Panen Tanaman Buah Semangka

Pasca panen tanaman buah semangka – Setelah pemanenan, kita sering menyebutnya dengan istilah pasca panen. Walaupun seluruh buah sudah di panen dengan baik, ternyata kita masih banyak di sibukkan dengan berbagai macam hal pasca panen ini. Seperti yang terdapat sebagai berikut ini :

Pengumpulan

Advertisement

Setelah melakukan pemanenan, hal yang pertama kita harus lakukan ialah pengumpulan. Pada saat pengumpulan, buah-buah tersebut harus dalam keadaan bagus. Jika buah dalam keadaan tidak bagus atau rusak, maka buah-buah hasil pemanenan tersebut akan sulit di pasarkan.Pasca Panen Tanaman Buah Semangka

Penyortiran

Jika pengumpulan buah-buah yang telah di panen sudah selesai, selanjutnya hal yang akan kita lakukan ialah penyortiran.

Penyortiran ini berguna untuk memisahkan buah yang tidak bagus dengan buah yang bagus. Penyortiran ini juga merupakan pengumpulan buah berdasarkan dengan beratnya.

Penyimpanan

Selanjutnya setelah penyortiran selesai, kita harus menyimpan buah-buah yang telah di sortir tersebut. Penyimpanan di lakukan pada tempat yang memiliki suhu dingin.

Advertisement

Kelembapan pada tempat penyimpanan tersebut harus terjaga. Pada tempat penyimpanan, jangan sampai ada udara dari luar yang memasuki ruang penyimpanan. Jika itu terjadi, buah-buah yang telah di simpan akan mengalami kerusakan atau terjadinya busuk pada buah.

Apabila kita menyimpan buah-buah tersebut di tempat yang kering, tanpa suhu apapun. Maka buah tersebut tidak boleh berada di tempat itu lama-lama. Artinya ini bisa di sebut dengan penyimpanan dalam waktu jangka pendek.

Pengemasan dan pengangkutan

Pada saat pengemasan, kita perlu memperhatikan buah yang akan di kemas tersebut. Pengemasan tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, karena dapat merusak buah-buah yang akan di pasarkan.

Pada saat pengemasan dilakukan, kita harus memasang label pada buah tersebut, agar konsumen semakin tertarik untuk membeli buah-buah yang kita jual.

Untuk pengiriman jarak jauh, sebaiknya kita perlu menyediakan angkutan melalui udara. Jika melalui darat, buah tersebut akan mudah goyang dan terjatuh, sehingga buah yang sudah di kemas dengan rapi akan rusak dengan sendirinya.

Penanganan lainnya

Penangan lainnya dapat kita lakukan dengan sendiri, karena untuk melakukan penanganan buah semangka pasca panen ini sangat lah mudah. Jadi jika ada sesuatu hal yang terjadi pada buah tersebut, kita bisa melakukannya dengan sendiri.

Advertisement
Pasca Panen Tanaman Buah Semangka | Penulis | 4.5