Panen Buah Mangga Dan Teknik Menjualnya

Apa saja yang di lakukan pasca memanen buah mangga??Dalam tulisan ini,akan saya berikan sedikit gambaran tentang panen buah mangga dan teknik menjualnya. Pasca panen Buah Mangga merupakan penanganan yang dilakukan petani mangga setelah pemanenan mangga tersebut berlangsung, penanganan ini dilakukan pada buah mangga tersebut agar tidak cepat layu dan busuk. Hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

Setelah dilakukannya pemetikan, buah tersebut harus di bersihkan agar getah nya tidak menempel.

Advertisement

Ditahap ini kita harus memilih buah yang berkualitas bagus, dengan cara melihat kematangannya, dan Kita harus memisahkan mana buah yang besar dan kecil. agar hasil nya seimbangPanen Buah Mangga Dan Teknik Menjualnya

Selanjutnya kita harus memberikan pelapisan lilin, ini bertujuan agar buah mangga dapat bertahan lama, tidak cepat terjadinya pembusukan sehingga buah mangga akan dapat terlihat segar walaupun sudah berhari-hari di petik.

Pelilinan ini tidak berbahaya bila dikonsumsi manusia, ini hanya sebagai bentuk penanganan buah mangga agar buah terlihat segar selalu. Pelilinan ini di buat dengan cara di celupkan dan dikeringkan dengan cara dijemur di tempat panas selama kurang lebih 10 menit.

Advertisement

Jangan terlalu lama menjemurnya itu akan mengakibatkan buah mangga menjadi layu dan tidak segar lagi.

Setelah itu, buah mangga bisa di kemas, pengemasan dilakukan untuk membedakan mana buah yang kecil dan mana buah yang besar.

Pengemasan juga dapat di masukkan ke dalam kantong plastik atau boks kayu yang dilapisi koran, agar kualitasnya bertahan lama dan mencegah terjadinya kerusakan pada buah mangga tersebut.

Selanjutnya, biasanya buah mangga juga dapat disimpan di suhu yang sangat dingin untuk menjaga kesegaran buah supaya tidak cepat busuk.

Cara ini di lakukan untuk mengawetkan buah mangga agar tidak cepat terjadinya pembusukan dan buah mangga tetap akan segar. Pendinginan ini sebaiknya dilakukan pada suhu maksimal 130 derjat C, agar kelembapan nya semakin terjaga.

Biasanya buah akan diangkut menggunakan jalur laut,udara dan darat. Karena supaya buah mangga mendapatkan angin yang segar serta mendapat sinar matahari yang cukup.

Apabila buah mangga di angkut menggunakan mobil pick up atau lainnya sebagainya jika berada di jalan yang jelek itu akan merusak buah mangga akibat goncangan yang bisa menyebabkan mangga berhimpitan, karena buah akan tergoncang-goncang dan dapat menimbulkan buah akan membusuk dan bonyok.

Jika anda takut buah mangga tergoncang dan akhirnya terjatuh, maka anda harus pandai-pandai mengatur tempat penyusunan agar di dalam perjalanan buah mangga tidak akan mengalami benturan yang membuat buah membusuk.

Advertisement
Panen Buah Mangga Dan Teknik Menjualnya | Penulis | 4.5