Merawat Tanaman Buah Melon Dengan Pemangkasan

Petani melon,agar tanaman tersebut mampu menghasilkan buah yang melimpah,perlu di lakukan perawatan secara rutin.cara merawat tanaman buah melon dengan pemangkasan agar daun lebat,batang tidak panjang,buah yang akan di hasilkan juga tergolong lebat nantinya.

Selain Pemangkasan,Tanaman buah melon sangat perlu dilakukannya pengikatan supaya tanaman dapat merambat pada kayu yang terpasang di atas tanaman tersebut. Pengikatan yang dilakukan tidak boleh diikat sekuat mungkin, hanya diikat dengan sekedarnya saja. Agar tanaman dapat berkembang bebas.Merawat Tanaman Buah Melon Dengan Pemangkasan

Advertisement

Selain dilakukannya pengikatan, tanaman juga harus melalui masa pemangkasan  agar tanaman tersebut tumbuh dengan rapi dan tidak banyak cabang yang berserakan.

Pemangkasan dilakukan juga bertujuan agar hama dan penyakit tidak mudah menyerang tanaman melon tersebut. Daun-daun yang sudah tua juga perlu di pangkas agar tunas yang masih muda dapat berkembang.

Pemilihan pada buah yang terdapat pada tanaman melon perlu dilakukan dengan teliti, agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih nya.

Jika buah terkena hama dan penyakit maka harus dilakukan penyemprotan dengan menggunakan pestisida dan cara mengatasi agar buah tidak mudah terserang hama dan penyakit dengan caraMerawat Tanaman Buah Melon Dengan Pemangkasan

Advertisement

menutup buah melon dengan menggunakan karung goni yang berukuran kecil, dan diikat dengan menggunakan tali rafia. Jangan lepas kan penutupnya sebelum buah nya matang, jika penutup di lepaskan, hama dan penyakit mulai penyerang kembali pada buah tersebut.

Diusahakan juga jika menutupnya jangan terlalu rapat sekali, karena dapat mengakibatkan buah yang ada di dalamnya menjadi berkeringat dan dapat mengakibat buah menjadi busuk.

Setelah melalu proses pembungkusan, batang tanaman yang berada di sekitar buah tersebut juga harus di pangkas, di karenakan agar proses pengembangan buah tidak terganggu dengan adanya batang di sekitar areal buah tersebut.

Pemangkasan pada batang harus menyisakan 20-24 helai daun. Bekas pemangkasan sebaiknya tidak boleh di buang, itu biasanya bisa di jadikan pupuk organik.

Sanitasi kebun dilakukan agar hama dan penyakit yang menempel pada batang, daun dan buah tidak menyerang dengan mudah.

Jika ada daun yang terserang hama atau penyakit, maka harus segera di tangani dengan melakukan pemangkasan pada tanaman yang terserang tersebut. Agar penyakit yang menyerang tanaman itu tidak merambat pada tanaman yang lainnya.

Sanitasi kebun di lakukan dengan cara membersihkan seluruh kebun dengan menggunakan cangkul, penyemprotan atau yang lainnya. Agar semuanya menjadi bersih, hama dan penyakit pun jarang untuk menyerang.

Advertisement
Merawat Tanaman Buah Melon Dengan Pemangkasan | Penulis | 4.5